Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Bisnis Properti Lesu, BSDE Sukses Jual 60 Persen Rumah Tapak

Kompas.com - 25/06/2018, 17:48 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir semua pengembang properti mengalami penurunan angka penjualan, baik rumah tapak maupun apartemen, selama bulan puasa dan Lebaran 2018 lalu.

Meski demikian, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) berhasil mencatat penjualan signifikan salah satu proyek rumah tapak (landed house) hingga 60 persen.

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk Hermawan Wijaya menuturkan, sama seperti pengembang lainnya, secara umum jumlah penjualan segala jenis produk BSDE menurun selama dua hajatan umat Muslim lalu.

Baca juga: BSDE Optimistis Rumah Rp 8 Miliar Terjual Habis dalam 3 Bulan

Namun demikian, Hermawan sudah memprediksi hal itu dengan tidak meluncurkan proyek baru berskala besar. Terbukti, strategi tersebut mengantarkan BSDE sukses menjual proyek rumah tapaknya sebanyak 60 persen.

“Secara umum penjualan turun. Kami antisipasi dengan tidak launch proyek besar, tetapi ada satu proyek pada awal Juni yang bisa dijual sampai 60 persen,” ucap Hermawan Wijaya saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/6/2018).

Namun, dia tidak menyebutkan angka pasti penjualan proyek rumah tapak tersebut.

Dalam waktu dekat, ungkapnya, ada lagi peluncuran proyek rumah yang menurut rencana dilakukan pada bulan Juli dan Agustus nanti.

Pihaknya berusaha meraih target pencapaian penjualan tahun ini senilai Rp 7,2 triliun dengan meluncurkan produk baru dan terus memasarkan produk lama.

“Tujuannya untuk mencapai  target marketing sales dengan launch produk baru dan menjual produk lama,” tutur Hermawan.

Baca juga: Antisipasi Rebound Perkantoran, BSDE Akuisisi Bakrie Tower

Mengenai segmen penjualan, dia mengatakan segmen pembeli kebanyakan di kelas menengah dengan harga mulai dari Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar.

“Kami main di pasar itu. Sebagian berada di BSD City,” terang Hermawan.

Adapun soal cara pembayaran kebanyakan masih melalui KPR, yaitu 60 persen-65 persen pembeli. Sedangkan sisanya, sejumlah 30 persen-35 persen, menggunakan cara tunai keras dan tunai bertahap.

Dia juga mengungkapkan, serah terima rumah dalam dua tahun karena kondisi bangunannya belum jadi. Biasanya proses pembangunan rumahnya bisa sampai 18 bulan.

“Tapi kalau ready stock bisa langsung serah terima,” pungkas Hermawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com