Tol Wilangan-Kertosono Digunakan Hanya Satu Jalur

Kompas.com - 12/06/2018, 06:29 WIB
Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Tengah, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara simpang susun Caruban dari Proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono di Jawa Tengah, Senin (4/6/2018). Jalan Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan telah sah beroperasi dan dirancang sepanjang total 87,02 kilometer, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dibagi dalam empat seksi pengerjaan.

NGAWI, KOMPAS.com — Pemudik yang menggunakan kendaraan diminta waspada saat melintas di ruas Tol Wilangan-Kertosono.

Pasalnya hanya satu jalur yang dari ruas jalan fungsional sepanjang 49 kilometer itu yang bisa digunakan.

"Untuk sementara ruas jalan fungsional Kertosono-Wilangan yang bisa dilalui satu jalur saja. Belum bisa diberlakukan dua jalur," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Jaya, Iwan Moedyarno kepada Kompas.com, Senin ( 11/6/2018) malam.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Tak hanya itu, Iwan menegaskan kendaraan pemudik yang bisa melintas di ruas tol ini hanya dari arah Surabaya menuju Solo. Sedangkan arah sebaliknya, Solo-Surabaya melalui jalur arteri biasanya.

"Kalau dari arah Surabaya langsung bisa terus lewat Kertosono-Wilangan, Wilangan-Ngawi, Ngawi-Solo," jelas Iwan.

Iwan mengatakan jalur tol fungsional Wilangan-Kertosono baru bisa digunakan dari arah Solo-Surabaya saat arus balik Lebaran.

Iwan juga mengingatkan pemudik yang melintas ruas tol fungsional Kertosono-Wilangan tetap waspada. Masih dijumpai sepuluh titik persimpangan yang masih dijaga petugas atau flag man.

"Tetapi nanti ada petugas yang mengatur arus lalu lintas sehingga bisa bergantian," kata Iwan.

Meski ruas jalan tol Kertosono-Wilangan masih fungsional, tetap pengelola menyediakan rest area darurat. Dua tempat istirahat ini terdapat di Nganjuk dan Sambirejo.


Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com melanjutkan perjalanan dari Solo sampai Pasuruan. Perjalanan kali ini Tim dibekali sepasang Cross Over Datsun Cross.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X