Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pelayanan Mudik yang Tersedia di Jalan Tol

Kompas.com - 05/06/2018, 18:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Persiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2018 bukan hanya mengenai jalan tol, melainkan juga berbagai fasilitas pendukung.

Hal itu dilakukan untuk membuat para pemudik bisa merasakan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar menuju ke tujuan, serta nantinya kembali ke kota domisili dengan selamat.

Baca juga: GT Manyaran Potensial Macet, Pengelola Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

"Sebagaimana kita ketahui, kegiatan mudik-balik Lebaran ini adalah kegiatan nasional. Hampir sebagian besar masyarakat mengikuti kegiatan ini, dan kami sebagai pemegang peran yang sangat vital, hadir dengan berbagai persiapan yang telah dan akan dilakukan," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani dalam pemberitaan Kompas.com, Sabtu (2/6/2018).

Selain menyiapkan infrastruktur berupa jalan tol, baik yang operasional maupun fungsional, Jasa Marga juga menyediakan pelayanan lalu lintas.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/6/2018), ada lima jenis pelayanan yang dilaksanakan.

Pertama, yaitu optimalisasi kapasitas lajur. Dalam hal ini akan dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tergantung keputusan kepolisian, tepatnya Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Untuk yang kedua, yakni pengendalian dan pengaturan beban ruas per segmen. Maksudnya, pengalihan arus lalu lintas situasional, ini juga mengikuti keputusan yang diambil Korlantas.

Pelayanan ketiga, penghentian pekerjaan proyek  pada H-10 hingga H+10 untuk meminimalisasi gangguan kemacetan lalu lintas.

Kemudian, pelayanan keempat, yakni percepatan penanganan dengan penempatan petugas di lokasi yang dianggap rawan kepadatan kendaraan.

Berikutnya, pelayanan kelima adalah pengaturan waktu operasi angkutan barang oleh Kementerian Perhubungan. Waktu yang ditentukan yaitu pada H-3 sampai dengan H-1 dan H+6 sampai dengan H+8.

Dalam keterangannya juga dikatakan bahwa di sepanjang jalan tol yang dikelolanya, Jasa Marga akan menyediakan 85 unit mobil derek, 53 unit layanan jalan tol ditambah 2 unit motor patroli, 17 unit rescue, 27 unit ambulans, 55 unit patroli jalan raya, dan 4 unit crane.  

Di samping itu, tersedia pula 25 tempat istirahat dan pelayanan (TIP) serta 7 tempat istirahat (TI). Di dalamnya ada fasilitas parkir, toilet, masjid atau mushala, tempat makan, sarana pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU), ruang kesehatan, ganti oli, dan bengkel.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, fasilitas toilet yang disediakan di tempat istirahat milik Jasa Marga itu gratis.

“Semua toilet yang tersedia itu tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, jika pengunjung mengalami pungutan liar di toilet rest area milik Jasa Marga dan kelompok usahanya bisa melaporkan ke call center Jasa Marga Traffic Information Center di nomor 14080,” ujar Dwimawan Heru, seperti dipublikasikan Kompas.com, (Selasa 22/5/2018).

Selain di TIP dan TI, fasilitas yang sama juga bisa dimanfaatkan para pemudik di 14 parking bay (PB) dan 21 tempat istirahat sementara (TIS) yang lokasinya tersebar di berbagai titik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com