Kompas.com - 03/06/2018, 17:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, jalan tol telah tersambung dari Jakarta hingga Surabaya. Meski beberapa di antaranya dibuka fungsional atau sementara, namun tidak sedikit pula yang telah operasional alias berbayar.

Beberapa waktu lalu sempat muncul informasi ke publik soal mahalnya tarif tol yang harus dikeluarkan masyarakat.

Dari informasi tak yang beredar, menyebutkan bahwa tarif yang harus dikeluarkan lebih dari Rp 500.000 untuk perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya.

Namun kabar itu telah ditepis. Bahkan, kini pengelola jalan tol mengeluarkan kebijakan pemberian diskon tarif pada hari-hari tertentu.

Persoalannya, mudik ke kampung halaman tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ada sejumlah moda transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkau kampung halaman Anda.

Berikut perbandingan ongkos tarif yang harus dikeluarkan masyarakat saat mudik pada tahun ini. Masih bilang lewat tol mahal?

Kendaraan melintas di gardu tol darurat yang telah terpasang di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas di gardu tol darurat yang telah terpasang di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Tol tersebut akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran 2018.

1. Kendaraan pribadi lewat jalan tol

Jalan tol kembali menjadi primadona untuk mudik tahun ini. Bagaimana tidak, jarak tempuh yang bisa dilalui kali ini jauh lebih panjang. Artinya, waktu tempuh yang bisa dipangkas bila dibandingkan lewat jalan nasional juga lebih panjang.

Simulasi dilakukan untuk jarak tempuh Jakarta-Surabaya. Setidaknya, dibutuhkan saldo uang elektronik minimal Rp 351.500 untuk menempuh jarak mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Tol Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol.

Sebagai catatan, tarif tersebut belum termasuk ongkos bensin dan makan. Jarak tempuh Jakarta-Surabaya baik melalui ruas tol operasional maupun fungsional sepanjang 761 kilometer.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.