Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Tol Brexit? Ini Kondisi Terbarunya...

Kompas.com - 03/06/2018, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Brebes Timur atau biasa disebut Brexit, pernah demikian populer pada musim mudik 2016 lalu.

Bukan tanpa sebab Brexit diulas media arus utama Nasional, bahkan dunia. Salah satu akses keluar dari Jalan Tol Pejagan-Pemalang ini awalnya diharapkan menjadi pengurai kemacetan.

Namun, kenyataannya kendaraan pemudik parkir bersama dengan panjang antrean mencapai 18 kilometer. Hal ini terjadi pada 1 Juli 2016 atau lima hari jelang Lebaran 2016.

Baca juga: Kendaraan Mengular 18 Kilometer Menuju Brebes Timur

Macet total lebih dari 20 jam ini menyebabkan banyak korban berjatuhan. Setidaknya 12 orang meninggal akibat kelelahan. 

Sejatinya, kepadatan di Tol Pejagan-Pemalang tersebut mulai terlihat dua hari sebelumnya. Puncaknya pada hari itu, antrean kendaraan mengular hingga jelang pintu keluar Brexit.

Kendaraan melintas di Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas di Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.

Padahal PT Pejagan Pemalang Toll Road selaku operator jalan tol ini sudah membuka seluruh 8 gardu yang ada. Dan seluruh gardu digunakan untuk exit atau keluar kendaraan.

Masalah utama setelah GT Brexit adalah kemacetan di jalan pantai utara Jawa (Pantura). Dari pantauan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, jalur utama Pantura Jawa memang sudah dipadati kendaraan sejak siang harinya.

Hal ini berimbas pada kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Pejagan-Pemalang. Kendaraan baru bisa bergerak setiap 20 menit hingga 30 menit.

Dalam kurun waktu itu pula kendaraan dari Pejagan yang menuju Brebes Timur benar-benar berhenti dan terlihat seperti parkir berjamaah.

Foto udara jalur ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara jalur ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.
Nah, bagaimana kabar GT Brexit kini?

Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, kembali memantau secara langsung kondisi di lapangan.

13 hari jelang Lebaran, kondisi faktual ruas tol dengan panjang total 57,5 kilometer ini tengah dilakukan perawatan.

Mulai dari peletakan rubber cone, penegasan marka jalan, hingga pemasangan lampu penerang jalan di beberapa Simpang Susun.

Kepala Seksi Pemeliharaan Tol Pejagan-Pemalang Mita Lolita menuturkan, pemeliharaan dilakukan secara berkala. Jelang mudik tahun ini, aktivitas tersebut makin intensif dilakukan.

"Kami ingin pemudik merasa nyaman melakukan perjalanannya. Untuk biaya pemeliharaan kami tidak bisa menyebutkan. Tapi yang pasti ini terus kami tingkatkan," kata Mita kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Sabtu (2/6/2018).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com