Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pasang Tangga Apung, Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 16/05/2024, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Simpli

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain rumah Anda, memilih tangga yang tepat dapat membuat perbedaan besar untuk tampilan hunian.

Salah satu pilihan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir adalah tangga apung atau floating stairs.

Tangga apung memiliki desain modern dan elegan yang tampak seperti melayang di udara, tanpa dukungan yang terlihat dari bawahnya.

Baca juga: Ubah Ruang Kosong di Bawah Tangga Rumah Jadi Dapur Cantik

Meskipun tangga jenis ini terlihat cantik, namun juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Kelebihan tangga apung

Kelebihan utama dari tangga apung adalah daya tarik estetika yang ditawarkan. Tangga jenis ini menciptakan nuansa terbuka dan lapang di rumah Anda karena memungkinkan cahaya masuk dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Selain itu, karena tidak ada penyangga yang terlihat, tangga apung dapat memberikan tampilan modern dan minimalis pada rumah Anda.

Keuntungan lainnya adalah fleksibilitas dalam pilihan desain. Dengan tangga tradisional, pilihan desain Anda mungkin terbatas karena kendala struktural.

Baca juga: Perhatikan, Ini Kondisi Tangga di Rumah yang Gagal Bawa Hoki

Namun, dengan tangga apung, Anda memiliki kebebasan lebih untuk menciptakan bentuk dan desain unik yang sesuai dengan keinginan pribadi.

Keuntungan terakhir adalah perawatan biasanya lebih mudah karena memiliki komponen yang lebih sedikit dibandingkan tangga tradisional.

Kekurangan tangga apung

Kekurangan terbesar dari tangga apung adalah biaya pembuatan yang tinggi. Hal ini karena dalam pemasangannya memerlukan teknik khusus.

Keselamatan juga bisa menjadi masalah dengan desain tangga jenis ini. Tanpa penyangga yang terlihat di bawah setiap anak tangga, akan lebih sulit bagi sebagian orang untuk mengakses tangga tersebut dengan aman.

Selain itu, jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi lain karena ada potensi mereka terjatuh melalui ruang terbuka di antara tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com