Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Layang Lengkapi Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

Kompas.com - 27/05/2018, 23:07 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Jalan layang sepanjang 1,2 kilometer tengah disiapkan untuk menunjang akses menuju terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan, jalan layang itu akan dibangun Kementerian PUPR tahun ini jika desainnya telah rampung.

“Kalau desain selesai, tahun ini mulai dibangun. Jalan layang ini empat lajur agar akses lebih cepat dan langsung menyambung ke bandara. Ini jalan khusus ke bandara,” kata dia, Minggu (27/5/2018).

Baca juga: Layani Mudik, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Beroperasi 2 Juni

Basuki menjelaskan, pembangunan jalan layang merupakan usulan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Jalan yang selama ini menjadi akses masuk atau Jalan Anjasmoro berstatus jalan kota.

Jalan layang ini nantinya direncanakan mulai dari Jalan Anjasmoro melintasi Jalan Arteri Yos Sudarso membentang hingga Jalan Madukoro.

Panjang jalan diperkirakan mencapai 1,2 kilometer dengan tinggi bebas 5,5 meter dan panjang tebal 8,5 meter.

“Kementerian PUPR mendukung bandara ini, khususnya terkait akses menuju bandara,” tambah Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).
Basuki sendiri meninjau terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani ditemani Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan instansi lainnya.

Basuki berkeliling melakukan pengecekan infrastruktur pendukung terminal baru tersebut. Terminal baru direncanakan mulai operasi pada 2 Juni 2018.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Pemkot Semarang mendukung operasional terminal baru dengan jalur baru Bus Rapit Transit (BRT) Trans Semarang menuju Bandara ke pusat kota.

Calon penumpang bisa masuk keluar bandara dengan menaiki BRT yang disediakan.

"Untuk keluar masuk area bandara baru, Pemkot sudah memfasilitasi dengan BRT Trans Semarang koridor 5," kata Hendrar.

Di terminal yang lama, BRT juga masuk ke bandara, namun untuk koridor IV.

Selain BRT, Pemkot Semarang juga berencana membangun monorel dari bandara ke pusat kota. Saat ini, rencana pembangunan monorel masih dalam kajian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com