Jalan Layang Lengkapi Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

Kompas.com - 27/05/2018, 23:07 WIB
Terminal baru bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah. Terminal itu mampu menampung 6-7 juta penumpang tiap tahun. Nazar Nurdin/Kompas.comTerminal baru bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah. Terminal itu mampu menampung 6-7 juta penumpang tiap tahun.

SEMARANG, KOMPAS.com – Jalan layang sepanjang 1,2 kilometer tengah disiapkan untuk menunjang akses menuju terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan, jalan layang itu akan dibangun Kementerian PUPR tahun ini jika desainnya telah rampung.

“Kalau desain selesai, tahun ini mulai dibangun. Jalan layang ini empat lajur agar akses lebih cepat dan langsung menyambung ke bandara. Ini jalan khusus ke bandara,” kata dia, Minggu (27/5/2018).

Baca juga: Layani Mudik, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Beroperasi 2 Juni

Basuki menjelaskan, pembangunan jalan layang merupakan usulan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Jalan yang selama ini menjadi akses masuk atau Jalan Anjasmoro berstatus jalan kota.

Jalan layang ini nantinya direncanakan mulai dari Jalan Anjasmoro melintasi Jalan Arteri Yos Sudarso membentang hingga Jalan Madukoro.

Panjang jalan diperkirakan mencapai 1,2 kilometer dengan tinggi bebas 5,5 meter dan panjang tebal 8,5 meter.

“Kementerian PUPR mendukung bandara ini, khususnya terkait akses menuju bandara,” tambah Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Seksi 3 dan 4 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2017).
Basuki sendiri meninjau terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani ditemani Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan instansi lainnya.

Basuki berkeliling melakukan pengecekan infrastruktur pendukung terminal baru tersebut. Terminal baru direncanakan mulai operasi pada 2 Juni 2018.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X