Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan LRT, Kereta Bandara dan Bus untuk Asian Games

Kompas.com - 02/05/2018, 20:11 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, Kompas.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai salah satu instansi pemerintah mendapat tugas mempersiapkan transportasi untuk para peserta Asian Games 2018 di Indonesia.

Berbagai sarana dan prasarana sudah disiapkan, yaitu berupa light rail transit (LRT), kereta api bandara, dan bus.

Baca juga : Sisa 4 Bulan Lagi, Beberapa Venue Asian Games Belum Rampung

Dalam suatu diskusi tentang persiapan Indonesia menjelang Asian Games 2018, Staf Ahli Menteri Perhubungan Umar Aris menuturkan sarana dan prasarana transportasi untuk Asian Games sudah disiapkan, baik untuk kedatangan maupun kepulangan para peserta.

“Untuk LRT di Jakarta dari Kelapa Gading ke velodrom, ada 6 stasiun layang, dengan panjang sekitar 6 kilometer. Sementara di Palembang disiapkan dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Kompleks Olahraga Jakabaring,” papar Umar Aris, Rabu (2/5/2018) di Jakarta.

Ada pula angkutan shuttle bus 250 unit yang digunakan selama 21 hari di Jakarta dan Palembang.

Selain itu, ujarnya, di Palembang disiapkan Area Traffic Control System (ATCS) dan 5 unit bus air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur SDM PT Adhi Karya Agus Karianto saat meninjau pabrikasi konstruksi di kawasan Pancoram, Minggu (29/4/2018).KOMPAS.com/Mutia Fauzia Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur SDM PT Adhi Karya Agus Karianto saat meninjau pabrikasi konstruksi di kawasan Pancoram, Minggu (29/4/2018).
Untuk kereta api, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman akan melewati 5 stasiun dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Ini merupakan angkutan umum sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan. 

Nantinya satu rangkaian terdiri dari 6 kereta, yang bisa mengangkut 272 penumpang. Ada 10 rangkaian yang disiapkan, dengan kapasitas 33.000 orang per hari.

"Ada pula bus penumpang dengan kapasitas 42-45 orang dengan fasilitas sesuai standar, yaitu sopir yang ramah, fasilitas yang nyaman, AC, video dan audio system, dan GPS tracking device," imbuh Umar.

Untuk target perjalanan, tambahnya, dari penginapan atlet ke venue diprediksi sekitar 30 menit.

Mengenai pengamanan lalu lintas, nantinya akan dikoordinasikan dengan Polri dan Dishub Provinsi DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com