Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta Lima Venue Asian Games Rampung Juni 2018

Kompas.com - 28/04/2018, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pembangunan dan renovasi lima venue Asian Games 2018 dapat selesai Juni mendatang. Pasalnya, Juli 2018 akan dilangsungkan pertandingan test event guna mengetahui keandalan fisik venue.

Kelima venue tersebut yakni Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, velodrome dan baseball di Rawamangun, serta venue layar dan jetski di Ancol.

“Kami melihat jadwal dan apa yang telah dicapai, rencana penyelesaian serta melihat sendiri secara fisik bisa selesai dalam akhir Juni karena awal Juli akan dilakukan test event,” kata Kalla saat meninjau lokasi venue, Jumat (27/4/2018).

Stadion Patriot Candrabhaga yang tengah diperbaiki untuk persiapan Asian Games 2018.Kementerian PUPR Stadion Patriot Candrabhaga yang tengah diperbaiki untuk persiapan Asian Games 2018.
Sampai April 2018, perbaikan Stadion Patriot Candrabhaga sudah mencapai 56 persen. Adapun perbaikan meliputi sistem drainase, penanaman rumput jenis Zoysia Martella, perbaikan sistem pencahayaan lapangan serta pemasangan kursi bagi penyandang disabilitas.

Kalla menambahkan, untuk mempercepat pekerjaan jumlah tenaga kerja dan jam kerja akan ditambah. Maksimal penambahan jam kerja itu hingga tiga shift.

“Cuaca juga sudah mulai bagus, memang ada kendala nanti bulan puasa juga ada libur lebaran 10 hari itu kita sudah perhitungkan semua,” sambung Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau salah satu venue Asian Games 2018, Jumat (27/4/2018).Kementerian PUPR Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau salah satu venue Asian Games 2018, Jumat (27/4/2018).
Sementara itu, pembangunan venue layar di Pantai Ancol Barat di atas lahan seluas 13.890 meter persegi dan venue jetski di Pantai Indah Ancol di atas lahan seluas 27.034 meter persegi telah mencapai 50,03 persen.

Pembangunan kedua venue ini telah dimulai sejak Desember 2017 lalu dan ditargetkan selesai Juni 2018.

Untuk venue jetski akan dilengkapi gedung dan dermaga permanen yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain.

Pekerjaan di venue jetski mencakup bangunan kantin dan gudang, bangunan kantor, bangunan kantor pengelola, bangunan VIP, dermaga jetski, tribun permanen pertama di dunia untuk penonton berkapasitas 868 orang, dan pit stop. 

Salah satu venue Asian Games 2018 yang kini tengah dibangun.Kementerian PUPR Salah satu venue Asian Games 2018 yang kini tengah dibangun.

Tantangan dalam membangun venue jetski adalah dalam membangun dermaga dan pantai buatan yang menjadi salah satu persyaratan arena pertandingan (field of play) untuk jetski. Selain itu dilakukan penataan kawasan sehingga Pantai Ancol akan semakin tertata rapi. 

Selanjutnya, untuk venue layar, akan dilengkapi Floating Breakwater sepanjang 220 meter, floating jetty, parkir kontainer berkapasitas 30 kontainer, slipway, area bilas dan tap air permanent, kantor porlasi, workshop, dan area parkir mobil.

Bangunan workshop tersebut akan berbentuk seperti hanggar dengan atap yang tinggi untuk menampung kapal layar yang tinggi berkapasitas 30 kapal. 

Salah satu venue Asian Games 2018 yang kini tengah dibangun. Kementerian PUPR Salah satu venue Asian Games 2018 yang kini tengah dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com