Beberapa Titik Masih Tanah Merah di Tol Fungsional Pemalang-Batang

Kompas.com - 26/05/2018, 23:19 WIB
Pekerjaan pengurukan tanah di Jembatan Sereng Baru pada proyek Tol Pemalang-Batang Paket 3, Sabtu (26/5/2018). Kompas.com / Dani PrabowoPekerjaan pengurukan tanah di Jembatan Sereng Baru pada proyek Tol Pemalang-Batang Paket 3, Sabtu (26/5/2018).

PEMALANG, KOMPAS.com - Salah satu ruas Tol Trans Jawa yang perlu mendapat perhatian penting dari pemerintah adalah Tol Pemalang-Batang.

Sebab, banyak titik yang belum rampung pada proyek sepanjang 39,2 kilometer ini.

Baca juga: Tol Pejagan-Pemalang, Fungsional Rasa Operasional

Konsesi Jalan Tol Pemalang-Batang dimiliki PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), anak usaha dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Jalan tol ini terbagi ke dalam empat paket pekerjaan dan akan dibuka fungsional saat Lebaran 2018 mendatang.

Pekerjaan perapihan jalan pada Paket 1 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Pekerjaan perapihan jalan pada Paket 1 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).
Kompas.com menyambangi lokasi proyek, Sabtu (26/5/2018), untuk mengecek langsung kondisi terkini dari pekerjaan konstruksinya.

Catatan cukup positif terlihat terutama untuk Paket 1 (6,5 kilometer) dan Paket 2 (5,5 kilometer) yang digarap langsung oleh PBTR.

Jalur yang nantinya akan digunakan para pemudik terpantau sudah dilakukan perkerasan, baik dengan menggunakan rigid pavement maupun aspal untuk kedua lajurnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat memantau pekerjaan pada proyek Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat memantau pekerjaan pada proyek Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).
Terpantau, beberapa alat berat merapikan pekerjaan urukan yang belum selesai pada pekerjaan Paket 1. Sementara, memasuki pekerjaan Paket 2, jalan berlapis aspal terlihat mendominasi.

Namun, memasuki pekerjaan Paket 3 sepanjang 17,8 kilometer, tanah merah justru menjadi pemandangan utamanya. Pekerjaan untuk paket ini tidak dilakukan oleh PBTR, melainkan PT Sumber Mitra Jaya (SMJ).

Pengaspalan pada pekerjaan Paket 2 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).Kompas.com / Dani Prabowo Pengaspalan pada pekerjaan Paket 2 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).
Jalan terputus di Jembatan Sereng Baru, lantaran konstruksi penghubungnya belum rampung. Beberapa ekskavator terlihat sibuk menguruk tanah untuk mendapatkan ketinggian yang pas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X