Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Rupiah Bakal Pengaruhi Suku Bunga KPR

Kompas.com - 05/05/2018, 21:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dalam sepekan terakh terus melemah. Bahkan, kurs hampir menyentuh level Rp 14.000 per dollar AS.

Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo menilai, pelemahan ini akan memberikan pengaruh terhadap suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) bila terjadi dalam jangka waktu panjang.

"Kalau ke KPR pasti ada pengaruhnya, tapi seberapa cepat pengaruhnya itu kebijakan sama-sama. Kita enggak bisa putusin," kata Susatyo usai membuka Mandiri Property Expo 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (5/5/2018).

Baca juga : BI Rate Naik, Suku Bunga KPR Diprediksi Terkerek

Untuk saat ini, pelemahan nilai tukar rupiah belum memberikan dampak terhadap tingkat suku bunga KPR. Bahkan, pada ajang pameran tersebut, Mandiri berani memberikan promo bunga KPR sebesar 5,55 persen fixed selama dua tahun.

Baca juga : Genjot Penyaluran KPR, Mandiri Tawari Bunga 5,5 Persen

"Sampai bulan ini kebijakan kami tetap, enggak ada perubahan. Tapi nanti tiap 2-3 bulan, kan SKBD, suku bunga dasar muncul tuh, Mandiri tidak berubah tetap seperti tiga bulan lalu. Tapi kalau ke depannya ekstrim sekali kami belum lihat seperti apa," tutur Susatyo.

Sebelumnya, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS disebut sebagai dampak dari faktor eksternal, yaitu penguatan dollar AS, kenaikan suku bunga obligasi negara Amerika Serikat—US treasury—di atas 3 persen, dan antisipasi pasar terhadap kemungkinan kenaikan lagi tingkat suku bunga Fed Fund Rate—suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat.

Meski begitu, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan menyatakan, sistem keuangan Indonesia pada kuartal I/2018 berjalan stabil dan terkendali.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), kurs pada Kamis (3/5/2018) bertengger di level Rp 13.965 per dollar AS dan pada Jumat (4/5/2018) ada di level Rp 13.943 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com