Swedia Kembangkan Jalan yang Bisa Menghantar Listrik - Kompas.com

Swedia Kembangkan Jalan yang Bisa Menghantar Listrik

Kompas.com - 17/04/2018, 10:00 WIB
Proyek eRoadArlanda di Swedia.wonderfulengineering Proyek eRoadArlanda di Swedia.

KOMPAS.com – Kementerian Transportasi Swedia baru-baru ini meresmikan sebuah jalan yang mampu mengisi daya bagi mobil listrik. Proyek yang disebut eRoadArlanda dirancang sepanjang 2 kilometer.

Sistem kerja jalan ini yaitu terdapat sebuah rel yang bertugas mengisi daya listrik pada mobil yang di bawahnya sudah terdapat sistem pengisian daya. Mobil tinggal berjalan di atasnya.

Langkah yang dilakukan Pemerintah Swedia ini tentu sejalan dengan semangat perkembangan mobil listrik di dunia. Bila ingin keberadaan mobil listrik semakin banyak, tentu perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai, seperti stasiun pengisian listrik yang maju.

Dilansir dari Wonderful Engineering, listrik pada proyek ini diperoleh dari dua trek paralel di jalan yang diumpankan ke kendaraan melalui lengan yang terpasang.

Lengan kemudian ditarik dan dihubungkan ke sensor yang memberitahu Anda untuk memperpanjang lengan ketika berada pada jalur yang terdeteksi keberadaan rel.

Ketika mobil perlu melaju lebih cepat, maka lengan akan langsung terlipat dan mobil bergerak dengan menggunakan daya baterai yang telah terisi.

Gagasan menghadirkan listrik di jalan mungkin terdengar sedikit berbahaya. Namun sebenarnya teknologi ini diklaim aman baik untuk manusia maupun hewan. Sebab, lintasan pengisian ditanam di permukaan jalan, sementara konduktor terkubur jauh di bawahnya.

Meskipun hujan turun, hal tersebut dipastikan juga tidak akan menimbulkan persoalan. Pasalnya, sistem drainase juga dipasang tepat di sepanjang perlintasan.

Demikian halnya dengan lengan penghubung yang dirancang sedemikian rupa agar dapat mendorong air, kerikil, dan batu keluar dari jalan.

Jalur rel pengisian pun diyakini tidak akan menimbulkan masalah bagi pengendara sepeda. Sebab, sebelum diaplikasikan, sistem ini telah diuji selama beberapa tahun di jalur pribadi sebelum diterapkan di jalan umum.

Untuk sementara, uji coba rel sepanjang 2 kilometer ini berada di antara terminal kargo Bandara Arlanda Sotckholm dan situs logistik Rosersberg.

Jalur ini akan digunakan oleh truk PostNord yang telah dimodifikasi. Bila berjalan dengan baik, Kementerian Transportasi Swedia berencana mengembangkan lebih luas.

Diperkirakan dibutuhkan anggaran sekitar 9,5 miliar dollar AS untuk mengembangkan jalan model ini di sepanjang 20.000 kilometer jalan raya Swedia. Namun, kebutuhan anggaran tersebut akan diperhitungkan ulang.

Pasalnya, rel itu rencananya hanya akan dipasang pada jalan raya dan jalan arteri saja. Sementara, kendaraan yang melintas di jalan lebih kecil dapat mengisi daya baterai kendaraan mereka di rumah.

 



Close Ads X