Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat PLTP Sorik Merapi, PLN Pasok Listrik 16 Kecamatan di Sumut

Kompas.com - 17/02/2018, 17:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Mandailing Natal (Madina) adalah kabupaten yang berada paling ujung wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Meski demikian, Madina menjadi kabupaten pertama yang menggunakan tenaga listrik dari energi terbarukan yaitu panas bumi yang dibangun Sorik Merapi Geothermal Power Plant.

Proyek ini sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2017-2026. Rasio elektrifikasinya sudah mencapai 88 persen.

Dengan begitu, tinggal 30 desa di tujuh kecamatan lagi dari total 16 kecamatan yang belum dialiri listrik. PLTP Sorik Merapi akan memasok daya sebesar 300 MW untuk jangka panjangnya.

"Kami siap menyediakan tenaga listrik di Sumatera Utara untuk setiap lapisan masyarakat," kata General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto yang dikonfirmasi pada Sabtu (17/2/2018).

Baca juga : Pasok Listrik ke Agincourt, PLN Klaim Tidak akan Ada Pemadaman

Feby bersyukur PLN sudah tidak defisit lagi sejak Juli 2017 lalu. Setelah hampir sepuluh tahun masyarakat Sumut dilanda pemadaman bergilir.

Ilustrasi listrikShutterstock Ilustrasi listrik
Menurut dia, PLTP Sorik Merapi akan menyokong pasokan listrik untuk masyarakat Sumut terutama warga Madina.

Gardu induk

Salah satu pembangunan yang paling penting untuk menghubungkan pembangkit dengan transmisi yang kemudian dikonversi untuk disalurkan ke pelanggan adalah gardu induk.

Sebelum menuju pelanggan, gardu induk harus memecah konversi tersebut melalui gardu hubung agar dapat disalurkan melalui jaringan listrik tegangan menengah.

Kemudian menuju jaringan listrik tegangan rendah supaya dapat disalurkan kepada pelanggan.

"Gardu Hubung Purba namanya, berlokasi di Panyambungan, Madina," sebut Feby. 

Ilustrasi listrikKOMPAS / WAWAN H PRABOWO Ilustrasi listrik
Dia menjelaskan, Gardu Hubung Purba terhubung dan disalurkan langsung oleh PLTP Sorik Merapi dengan kapasitas 300 MW melalui kabel bawah tanah sepanjang 10 kilometer. Daya yang dipasok sebesar 20 MW.

Menurut Feby, semuanya hampir rampung, tinggal menunggu pemasangan kubikel (alat penghubung) ke sistem kelistrikan PLN.

Upaya meningkatkan kesinambungan pembangunan sistem kelistrikan di Sumut, Feby bilang akan dibangun pembangkit tenaga listrik yang tercantum dalam RUPTL seperti PLTP Sorik Merapi, PLTU Sarulla 3x110 MW, PLTU Pangkalansusu 2x150 MW, PLTU Mabar 2x150 MW, PLTU Batangtoru dengan kapasitas 500 MW.

Logo PLN Logo PLN
Terkait kendala, dia mengatakan ada tiga yang paling sering dihadapi yaitu kondisi geografis yang sulit, pembebasan lahan, dan kesediaan lahan masyarakat untuk dilewati jaringan.

"Untuk itu, demi sistem kelistrikan yang lebih baik, kami minta dukungan semua komponen masyarakat mendukung pembangunan yang dilakukan PLN. Intinya PLN komitmen meningkatkan pelayanannya, tak terkecuali di Kabupaten Madina," tegas Feby.

Manajer PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afriyanto menambahkan, sistem kelistrikan di Kabupaten Madina siap mendukung pembangunan jaringan di kampus politeknik di Kotanopan, rumah sakit bertaraf internasional, dan bandara.

"Kami minta izin Pak Bupati, supaya tiang kami bisa cepat dibangun. Tinggal menyambung ke gardu induk PLN," kata Ronny.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com