Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasok Listrik ke Agincourt, PLN Klaim Tidak akan Ada Pemadaman

Kompas.com - 08/11/2017, 20:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KompasProperti - General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Feby Joko Priharto meninjau langsung masuknya suplai listrik dari PT PLN (Persero) Area Padangsidimpuan ke PT Agincourt Resources.

Bersama Manajer PLN Area Padangsidimpuan Roni Aprianto, dia menyambangi tambang emas dan perak yang berada di Desa Aekpining, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut.

Baca juga : PLN Targetkan 140 Desa di Sumut Terang Sebelum 2018

Feby disambut General Manager Production PT Agincourt Resources, Darryn McClelland. Lawatan ini sebagai bentuk jaminan kehandalan layanan PLN kepada pelanggan kelas premium platinumnya.

"Setiap hari, untuk menggerakkan mesin-mesin tambang, kami butuh 30.000 watt lebih. Dengan adanya pasokan 30,1 MVA dari PLN, 80 persen dari kebutuhan sudah tercukupi, sisanya kami suplai dengan genset," kata Darryn, Rabu (8/11/2017).

Darryn mengandalkan pasokan listrik dari PLN mampu menjaga keberlangsungan produksi tambang.

"Mesin harus terus beroperasi, tidak boleh mati. Saya harap PLN menjamin 99,99 persen tidak ada pemadaman," ucapnya.

Roni menjawab, PT Agincourt Resources saat ini merupakan pelanggan terbesar PLN Wilayah Sumut. Dia bilang akan memberikan pelayanan terbaik dan meminta selalu terjalin komunikasi kedua belah pihak.

Feby menimpali, layanan premium dengan tingkat kehandalan tinggi yang diberikan PLN kepada perusahaan yang sudah berdiri sejak 1997 ini karena listrik di Sumut surplus.

Ada pun, penyambungan listrik dan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) sudah dilakukan pada 31 Oktober 2017 di Kota Padangsidempuan.

"Kondisi listrik Sumut saat ini surplus. Bagi industri ataupun usaha yang menginginkan layanan premium, PLN siap menyuplai tenaga listrik untuk kebutuhan investasi," katanya.

Layanan premium, lanjut Feby, diberikan dengan berbagai golongan yaitu kelas platinum, gold, silver, hingga bronze.

Layanan ini memberikan suplai dari dua jalur berbeda, menjamin 99,9 persen tidak ada pemadaman.

Kalau terjadi pemadaman akibat terencana, maka akan menjadi prioritas terakhir jika harus dilakukan pengurangan daya sehingga tidak akan ada gangguan-gangguan dalam proses produksi pelanggan industri.

"Layanan ini secara biaya penyambungan tidak ada perbedaan, hanya perbedaan di tarif saja karena mendapatkan pelayanan lebih. Kami menyediakan dua suplai penyulang untuk menjaga kehandalan listrik ke PT Agincourt Resources sehingga dipastikan tidak akan ada pemadaman selama beroperasi," pungkas Feby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com