Kompas.com - 18/02/2018, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - To see and to be seen people. Demikian tren perilaku sosial terkini masyarakat kita. Tak sah rasanya, kalau jalan-jalan, meskipun itu sekadar ke mal, tak didokumentasikan.

Lebih tak afdhal lagi jika hasil jepretan kamera atau gawai tersebut tak diunggah ke media sosial. Apa kata dunia?

Baca juga : Ini Cara MAP Gaet Masyarakat Masuk Pusat Belanja

Karena itu, untuk para pengembang mal atau pusat belanja, simaklah hasil riset AT Kearney 2018. Lembaga konsultan dunia ini menyarankan agar pengembang atau pengelola lebih kreatif dan inovatif dalam merancang mal dengan pendekatan kekinian.

Artinya, bangunlah mal dengan konsep lifestyle atau gaya hidup. Konsep ini akan bertahan lama karena masyarakat dengan perilaku sosialnya butuh eksis dan tempat penyaluran.

Selain itu, orang-orang pergi ke mal, gak selalu untuk berbelanja, melainkan bertemu klien, santai, bersosialisasi atau menyalurkan hobi. 

Ilustrasi selfie Shutterstock Ilustrasi selfie
Sementara Jones Lang LaSalle, lebih spesifik lagi. Dalam riset terbarunya, konsultan properti ini menyebutkan pusat belanja itu harus memenuhi kebutuhan hiburan (entertainment), busana siap pakai (fast fashion), makanan dan minuman (F&B), dan permaianan anak-anak.

Baca juga : Sampai 2020, Bekasi Dibanjiri 27 Mal

Selain itu, ini yang penting untuk para social climbers yang demen mengunggah segala aktivitas di media sosial, mal harus instagrammable, dilengkapi jaringan internet nirkabel (wifi), desain interior menarik, dan makanan enak.

Agar nanti, saat para pengunjung ini melakukan swa foto, merasa sangat pantas untuk kemudian diunggah ke media sosial.

Terhadap fenomena ini, Head of Retail JLL Cecilia Santoso mengatakan sepanjang tahun lalu saja, peritel F&B paling aktif melakukan ekspansi. 

"Bahkan pola ekspansi peritel F&B tidak sebatas pada ruang pusat belanja, melainkan juga di area residensial dan gedung perkantoran," ujar Cecilia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.