Kompas.com - 09/02/2018, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi Kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang.

Kawasan ini merupakan kawasan cagar budaya di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Pencanangannya dilakukan oleh Presiden pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Kota Padang, Jumat (9/2/2018).

"Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci tahun 1983 lewat ke Solok Selatan. Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah," ujar Presiden melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi melakukan penandatanganan prasasti didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Presiden juga menugaskan Kementerian PUPR untuk melakukan penataan kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah.

Keduanya ditargetkan selesai akhir tahun 2018. Revitalisasi bangunan dan lanskap baru kawasan nantinya akan menambah cantik kawasan tersebut sebagai kawasan cagar budaya dan destinasi wisata.

Rumah gadangBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Rumah gadang
Di Kawasan Saribu Rumah Gadang terdapat 130 buah rumah gadang yang saling berdempetan satu sama lain dan sebagian sudah berumur ratusan tahun.

Saat ini, terdapat 40 rumah yang mengalami rusak dan memerlukan penanganan segera.

"Kementerian PUPR sendiri sudah memprogramkan revitalisasi kawasan tersebut," kata Basuki.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.