Kompas.com - 26/12/2017, 01:47 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

CIKARANG, KompasProperti - Peningkatan arus kendaraan diprediksi bakal kembali terjadi pada 30 dan 31 Desember 2017.

Hal ini karena sebagian orang diperkirakan bakal menghabiskan malam pergantian tahun di luar kota.

Guna mengurangi kepadatan arus kendaran, Kementerian Perhubungan kembali berencana membatasi pergerakan operasional kendaraan bertonase berat.

"Kalau untuk tahun baru, tanggal 29 mungkin akan belum," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu (24/12/2017).

Pembatasan tersebut, kata Budi, terutama pada saat arus balik pascalibur Tahun Baru. Berdasarkan prediksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 1 Januari 2018.

Tak kurang dari 104.000 kendaraan diperkirakan bakal melintasi Gerbang Tol Cikarang. Jumlah tersebut meningkat drastis bila dibandingkan volume lalu lintas normal yakni 74.000 kendaraan.

"Saat arus balik kita mengimbau kendaraan berat dalam kurun waktu yang panjang agar tidak melakukan kegiatan," kata dia.

Selain pembatasan operasional, Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam melaksanakan rekayasan lalu lintas saat kepadatan mulai terjadi.

Jalur Tol Cipali serta Gerbang Tol Brebes Timur atau Brexit, menurut Budi, menjadi sejumlah titik yang nantinya akan mendapat perhatian dari Kementerian Perhubungan. Di samping, jalur selatan di kawasan Prupuk, Jawa Tengah.

"Tadi dijelaskan oleh Bu Desi (Dirut Jasa Marga), ada kenaikan 58 persen ke arah Cipali. Nah, kita menduga arus balik juga akan menggunakan Cipali," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.