Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet Arus Balik, Operasional Angkutan Barang Dibatasi

Kompas.com - 26/12/2017, 01:47 WIB
Dani Prabowo

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Peningkatan arus kendaraan diprediksi bakal kembali terjadi pada 30 dan 31 Desember 2017.

Hal ini karena sebagian orang diperkirakan bakal menghabiskan malam pergantian tahun di luar kota.

Guna mengurangi kepadatan arus kendaran, Kementerian Perhubungan kembali berencana membatasi pergerakan operasional kendaraan bertonase berat.

"Kalau untuk tahun baru, tanggal 29 mungkin akan belum," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu (24/12/2017).

Pembatasan tersebut, kata Budi, terutama pada saat arus balik pascalibur Tahun Baru. Berdasarkan prediksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 1 Januari 2018.

Tak kurang dari 104.000 kendaraan diperkirakan bakal melintasi Gerbang Tol Cikarang. Jumlah tersebut meningkat drastis bila dibandingkan volume lalu lintas normal yakni 74.000 kendaraan.

"Saat arus balik kita mengimbau kendaraan berat dalam kurun waktu yang panjang agar tidak melakukan kegiatan," kata dia.

Selain pembatasan operasional, Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam melaksanakan rekayasan lalu lintas saat kepadatan mulai terjadi.

Jalur Tol Cipali serta Gerbang Tol Brebes Timur atau Brexit, menurut Budi, menjadi sejumlah titik yang nantinya akan mendapat perhatian dari Kementerian Perhubungan. Di samping, jalur selatan di kawasan Prupuk, Jawa Tengah.

"Tadi dijelaskan oleh Bu Desi (Dirut Jasa Marga), ada kenaikan 58 persen ke arah Cipali. Nah, kita menduga arus balik juga akan menggunakan Cipali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com