Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perhubungan Sebut Arus Mudik Natal Berjalan Lancar

Kompas.com - 24/12/2017, 20:14 WIB
Dani Prabowo

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, arus mudik libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 sejauh ini berjalan lancar.

Ia pun mengapresiasi kinerja jajaran Polri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang telah bekerja keras untuk memastikan agar kepadatan arus kendaraan di jalan tol dapat terurai dengan cepat.

"Sehingga sampai saat ini tidak ada satu hal yang mencolok tentang kemacetan. Kita terus mengupayakan mudik yang terbaik," kata Budi saat dijumpai di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama usai meninjau sejumlah titik jalur mudik, Minggu (24/12/2017).

Adapun sejumlah titik mudik yang ditinjau Budi seperti GT Brebes Timur atau Brexit, Pemalang, dan GT Cikarang Utama. Peninjauan dilakukan lewat udara dengan menggunakan helikopter.

Dari ketiga lokasi, tidak didapati kepadatan berarti. Hanya, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek memang sempat terjadi kepadatan, namun dapat diurai dengan cepat setelah Jasa Marga menerapkan rekayasa lalu lintas melalui contraflow.

"Bahwa terjadi kemacetan, memang terjadi," aku Budi.

Selain itu, ia mengaku, juga mendapatkan informasi terkait kepadatan arus lalu lintas menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Ia berkilah, tingginya arus kendaraan menuju bandara lantaran tingginya padatnya jadwal penerbangan pada hari ini.

Sementara itu, berdasarkan data Jasa Marga, kepadatan arus mudik tertinggi terjadi pada Sabtu (23/12/2017). Terpantau 84.000 kendaraan melintasi GT Cikarang Utama ke arah Cikampek.

Jumlah ini meningkat 13,05 persen bila dibandingkan volume lalu lintas harian yang hanya sekitar 75.000 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com