Kompas.com - 29/09/2017, 11:12 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Jalan Tol Bawen-Salatiga, Senin (25/9/2017). Kompas.com / Hilda B AlexanderPresiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Jalan Tol Bawen-Salatiga, Senin (25/9/2017).
|
EditorHilda B Alexander

SALATIGA, KompasProperti - PT Trans Marga Jateng (TMJ) akan segera memberlakuan transaksi non tunai secara bertahap di Jalan Tol Semarang-Solo.

General Manager Teknik dan Operasional PT TMJ, Prajudi mengatakan, sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/ PRT/M/ 2017, pemberlakuan transaksi non tunai secara penuh akan dimulai 31 Oktober 2017 mendatang.

Namun mulai 15 Oktober nanti, TMJ secara bertahap akan mulai menerapkan sistem elektronisasi di sebagian gerbang tol (GT) Semarang-Solo.

"Misalnya di gerbang tol Banyumanik dan Bawen sudah dilakukan peralihan total, di gerbang tol Ungaran dan Salatiga masih ada pelayanan transaksi non tunai," kata Prajudi, Kamis (29/9/2017).

Menurut Prajudi, penerapan elektronisasi pembayaran tol secara bertahap ini merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat agar tidak kaget.

Sebab sebagai pemegang konsesi Jalan Tol Semarang-Solo, TMJ sudah menyiapkan semua infrastruktur untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di semua gardu pembayaran yang ada.

Antara lain palang buka tutup otomatis dan Electronic Data Capture (EDC) sebagai pendukung transaksi non tunai sudah terpasang di semua gardu pembayaran dan siap digunakan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung pengerjaan ruas Tol Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo, Kamis (8/6/2017).Nazar Nurdin/Kompas.com Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung pengerjaan ruas Tol Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo, Kamis (8/6/2017).
"Supaya masyarakat terbiasa, sehingga pada saat pemberlakuan total pada 31 Oktober mereka sudah siap dengan sistem elektronisasi. Tahap inilah yang akan kami lakukan," ucap Prajudi.

Selama pemberlakuan elektronisasi bertahap ini, TMJ juga gencar menjual kartu tol elektronik di tiap-tiap GT yang ada.

Selain itu, pada saat pemberlakuan transaksi non tunai secara penuh, TMJ juga akan menyediakan stan khusus untuk top up dan pembelian kartu elektronik sebelum masuk GT.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.