Dirut Mandiri Sebut Suku Bunga KPR Bisa Turun 50 Basis Poin

Kompas.com - 25/08/2017, 00:02 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo usai acara konfrensi pers Indonesia Banking Expo di Perbanas Institut, Jakarta, Kamis (24/8/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTODirektur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo usai acara konfrensi pers Indonesia Banking Expo di Perbanas Institut, Jakarta, Kamis (24/8/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Bank Indonesia resmi menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,5 persen.

Dengan adanya penurunan tersebut, PT Bank Mandiri Tbk melihat peluang penurunan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang saat ini sebesar 13,25 persen.

"Penurunan suku bunga bisa sampai 50 basis poin," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menjawab KompasProperti, Kamis  24/8/2017).

Ia mengatakan, dari sisi kredit bermasalah atau non performing loan (NPL), KPR di Bank Mandiri masih dinilai bagus. Meski ada kenaikan, jumlahnya tidak signifikan.

Menurut Tiko, NPL KPR Bank Mandiri saat ini berada di posisi 2 persen.

Sedangkan di sektor konstruksi, memang tengah mengalami tantangan dengan perlambatan penjualan.

Pembayaran dilakukan dalam jangka panjang, sehingga kontraktor yang kelas kecil dan menengah kesulitan untuk menahan arus uangnya.

"Suku bunga konstruksi belum bisa (turun)," sebut Tiko. 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X