Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan KPR BPD Tembus 40 Persen

Kompas.com - 08/08/2017, 10:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bank pembangunan daerah (BPD) memiliki andil yang lebih besar dalam menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan bantuan pembiayaan perumahan yang berasal dari KPR FLPP sebanyak 40.000 unit. Dari jumlah tersebut, 16.000 unit di antaranya dapat disalurkan oleh BPD.

"Jadi mungkin lebih dari sepertiganya ya. Kita targetkan BPD dapat memenuhinya dari total KPR FLPP," kata Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Berdasarkan data Asosiasi Bank Daerah (Asbanda), jumlah KPR FLPP yang telah disalurkan BPD per April 2017 baru sekitar 1.400-an unit, baik itu dari BPD konvensional maupun syariah.

Untuk itu, Lana berharap, agar peran BPD dapat semakin ditingkatkan. Sehingga, Program Nasional Sejuta Rumah yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo, dapat segera terealisasi.

Untuk diketahui, pembangunan rumah yang berasal dari KPR FLPP per Juli 2017, baru sebanyak 6.491 unit rumah dari target 40.000 unit rumah.

Sedangkan, target serapan anggaran yaitu sebesar Rp 4,5 triliun. Namun, sampai saat ini anggaran yang sudah terserap baru sebesar Rp 742,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com