LRT Palembang Siap Beroperasi Saat Asian Games 2018

Kompas.com - 13/08/2017, 17:01 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul Sabtu (12/8/2017) KOMPAS.com/Markus YuwonoMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul Sabtu (12/8/2017)
|
EditorHilda B Alexander

YOGYAKARTA, KompasProperti - Pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang siap digunakan saat Asia Games 2018. Proyek ini, berjalan sesuai target yang ditetapkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan LRT dilakukan di wilayah Jabodetabek dan 4 kota besar lainnya yakni Surabaya, Solo, Bandung, dan Palembang. 

"LRT ada yang sedang dan akan beres. Yang sedang, saya pikir sudah dalam target yang tepat. Sementara di Palembang nanti Asian Games sudah akan dipakai. Yang di Jakarta, Jabodetabek kita akan selesaikan 2019 sudah selesai," kata Budi ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (12/8/2017).

Sedangkan LRT Bandung, Solo dan Surabaya, saat ini proses penyelesaian pembelian tanah. Pemerintah menargetkan penyelesaian pembebesan lahan pada tahun 2018 mendatang.

"Paling tidak semua proyek itu selesai 2019," ucapnya.

Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung November

Disinggung mengenai proyek kereta tanpa pengemudi atau automated people mover system (APMS) di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Budi mengaku saat ini sudah tahap finalisasi.

"Dalam finalisasi, akhir bulan ini ada uji coba akan dilakukan Dan ini akan dioperasikan paling lambat November," kata Budi.

Meski tak ada kendala berarti namun, proses uji coba kereta tanpa masinis ini memerlukan waktu panjang dan butuh ketepatan waktu. Saat ini kereta sudah datang di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ada suatu proses uji coba agak panjang, perlu akurasi yang sangat baik," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X