Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Palembang Siap Beroperasi Saat Asian Games 2018

Kompas.com - 13/08/2017, 17:01 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KompasProperti - Pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang siap digunakan saat Asia Games 2018. Proyek ini, berjalan sesuai target yang ditetapkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan LRT dilakukan di wilayah Jabodetabek dan 4 kota besar lainnya yakni Surabaya, Solo, Bandung, dan Palembang. 

"LRT ada yang sedang dan akan beres. Yang sedang, saya pikir sudah dalam target yang tepat. Sementara di Palembang nanti Asian Games sudah akan dipakai. Yang di Jakarta, Jabodetabek kita akan selesaikan 2019 sudah selesai," kata Budi ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (12/8/2017).

Sedangkan LRT Bandung, Solo dan Surabaya, saat ini proses penyelesaian pembelian tanah. Pemerintah menargetkan penyelesaian pembebesan lahan pada tahun 2018 mendatang.

"Paling tidak semua proyek itu selesai 2019," ucapnya.

Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung November

Disinggung mengenai proyek kereta tanpa pengemudi atau automated people mover system (APMS) di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Budi mengaku saat ini sudah tahap finalisasi.

"Dalam finalisasi, akhir bulan ini ada uji coba akan dilakukan Dan ini akan dioperasikan paling lambat November," kata Budi.

Meski tak ada kendala berarti namun, proses uji coba kereta tanpa masinis ini memerlukan waktu panjang dan butuh ketepatan waktu. Saat ini kereta sudah datang di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ada suatu proses uji coba agak panjang, perlu akurasi yang sangat baik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com