Kompas.com - 10/08/2017, 07:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Proyek Simpang Susun (SS) Semanggi yang baru saja dioperasikan pada akhir Juli lalu, menurut rencana akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo saat HUT RI ke-72 pada 17 Agustus mendatang.

Menurut Manajer Proyek Pengembangan SS Semanggi Dani Widiatmoko, SS Semanggi yang terdiri atas dua ramp sepanjang 1,6 kilometer itu memiliki berbagai keunikan.

Pertama, proyek tersebut dibangun dikawasan VVIP. Dalam hal ini, proyek tersebut dibangun di atas jalur protokol dan arteri yang setiap harinya dipadati arus lalu lintas.

"Kedua, Simpang Susun Semanggi menjadi proyek pertama di Indonesia yang memiliki lengkung precast box girder sepanjang 80 meter," kata Dani di lokasi proyek, Rabu (9/7/2017).

Ia mengaku, belum ada proyek di Indonesia yang menerapkan teknologi dengan panjang serupa.

Kalau pun ada, proyek itu berada di Hongkong dan dibangun di atas laut. Sehingga, bila terjadi kegagalan saat pemasangan, maka akan jatuh ke laut.

"Sedangkan kita di tengah lalu lintas. Intinya jika dibandingkan proyek proyek sejenis di Jakarta secara prestisi jauh lebih baik di atas semuanya," ucapnya.

Keunikan berikutnya terletak pada lengkungan SS Semanggi yang indah. Terutama, bila disaksikan di malam hari pada ketinggian tertentu.

Hal itu tidak terlepas dari keberadaan lampu LED yang pencahayaannya diatur sedemikian rupa, sehingga memberikan kesan mengapung.

Sesuai dengan konsep tanaman semanggi, yang merupakan tanaman mengapung di air.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.