Kompas.com - 27/06/2017, 16:21 WIB
|
EditorHilda B Alexander

PALIMANAN, KOMPAS.com – Puncak arus balik di Tol Cikopo-Palimantan (Cipali) diperkirakan terjadi pada H+3 Lebaran atau Rabu (28/6/2017) hingga H+4 Lebaran atau Kamis (29/6/2017).

Direktur Operasional PT Lintas Marga Swadaya (LMS) Rinaldi memprediksi jumlah kendaraan yang melintas di jalur tersebut mencapai puluhan ribu unit per hari.

“Pada puncak arus balik nanti, diperkirakan bakal ada 22.000 kendaraan melintasi tol ini,” kata Rinaldi, saat dihubungi Kompas Properti, Selasa (27/6/2017).

Angka itu lebih tinggi dari puncak arus balik Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 17.664 kendaraan pada H+3 dan 17.659 pada H+4.

Adapun untuk mengantisipasi lonjakan arus balik kendaraan, kata Rinaldi, PT LMS selaku operator Tol Cipali telah menerapkan sistem jemput tunai di pintu pembayaran.

Ini artinya petugas loket akan mendatangi kendaraan yang sedang mengantre supaya transaksi pembayaran tol bisa langsung terjadi tanpa harus menunggu ke loket.

Menurut, Rinaldi, cara ini telah dijalankan sejak H-4 Lebaran.

“Sistem tersebut hanya khusus untuk gerbang tol tunai dan diterapkan tergantung situasi di lapangan,” ujar dia.

Untuk mengindari penumpakan kendaraan di gerbang tol, Rinaldi pun mengimbau para pengguna jalan agar melakukan pembayaran non-tunai.

Masyarakat diharapkan pula untuk tidak memaksakan berhenti di rest area yang sudah penuh dan menggunakan tempat istirahat lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.