Kompas.com - 14/06/2017, 12:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

UNGARAN, KompasProperti - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang memasang tujuh belas kamera CCTV di sepanjang ruas jalan utama Semarang-Bawen-Solo untuk memantau pergerakan arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2017.

Kamera-kamera ini terpasang di sejumlah titik strategis seperti di persimpangan yang rawan terjadi kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Semarang, Djoko Nuryanto mengatakan, kendati telah ada Jalan Tol Semarang-Solo dari Semarang hingga Salatiga, namun Dishub akan tetap mengantisipasi kapadatan volume kendaran di jalan-jalan utama.

Dengan demikian, keberadaan kamera CCTV yang berjumlah 17 unit tersebut, akan mempermudah petugas menentukan rekayasa lalu lintas dan mengambil tindakan jika terjadi kemacetan.

"Memasang CCTV itu hanya untuk memantau arus lalu lintas. Misalnya terjadi kepadatan atau pun apa, kita tetap hubungi petugas yang ada di sekitar lokasi yang butuh ditangani," kata Djoko, Rabu (14/6/2017).

Menurut Djoko, melalui kamera CCTV ini para petugas bisa mengecek kondisi lalu lintas di beberapa titik secara bersamaan.

Baca: Parkir Tepi jalan di Kawasan Bandungan, Dihilangkan Selama Mudik 2017

Pergerakan kepadatan arus lalu lintas bisa terpantau dari Kantor Dishub yang difungsikan sebagai Posko Pemantau.

Berbekal pantauan CCTV tersebut nantinya diharapkan respon petugas di lapangan akan lebih cepat jika terjadi kemacetan atau insiden lainya di jalan raya.

"Nanti dari Posko menghubungi petugas yang berwenang ataupun petugas yang ditugaskan untuk mobiling, untuk bergerak ke titik yang ada masalah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.