Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet, Pemudik Sebaiknya Lewat Jalur Lingkar Kaliwungu

Kompas.com - 01/06/2017, 17:00 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Pemudik sebaiknya menghindari Jalan Raya Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, apabila mau ke kota Semarang dan sekitarnya.

Pasalnya, Jalan Raya Kaliwungu padat, dan banyak masyarakat yang beraktifitas. Terutama di pasar tumpah dan alun-alun Kaliwungu.

Tidak cuma itu, di Kaliwungu masih banyak angkutan tradisional, Andong, yang lalu lalang di jalan raya tersebut.

Menurut kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, M Toha, Jalan Raya Kaliwungu sangat padat, terutama saat pagi dan sore hari.

“Kepadatan diperparah dengan banyaknya andong yang lalu lalang dan bus angkutan, yang ngetem seenaknya,“ kata Toha, Kamis (31/05).

Toha menambahkan untuk menghindari Kepadatan di Jalan Raya Kaliwungu, pemudik diminta untuk melewati Jalur Lingkar Kaliwungu. Selain lancar, kondisi jalannya bagus.

“Tapi ya, tetap hati-hati. Karena kalau terlena bisa juga menimbulkan kecelakaan,” ujarnya.

Toha mengakui, sudah ada petunjuk jalan di persimpangan yang menuju ke kota Kaliwungu atau Semarang. Jadi pengguna jalan tinggal mengikutinya.

Terkait dengan hal itu, Kapolsek Kaliwungu Kendal, AKP Nanung Nugroho Indarto, mengaku setiap hari menempatkan anggotanya untuk berjaga di sekitar pasar Kaliwungu. Sehingga jalan raya Kaliwungu tetap lancar, meskipun padat.

“Ada juga dari Satlantas Polres Kendal, yang ikut berjaga di jalan raya Kaliwungu ini,” kata Nugroho. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com