Kenaikan Harga Rumah di Pontianak Terendah di Indonesia

Kompas.com - 22/05/2017, 12:00 WIB
Pemandangan di Taman Alun Kapuas, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menjelang fenomena gerhana matahari total, Rabu (9/3/2016) pagi. KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANPemandangan di Taman Alun Kapuas, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menjelang fenomena gerhana matahari total, Rabu (9/3/2016) pagi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Hasil survei yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan, seluruh kota-kota di Indonesia yang menjadi penilaian, mengalami peningkatan harga rumah.

Berdasarkan survei di 16 kota pada kuartal I-2017, Pontianak menjadi kota yang mengalami pertumbuhan harga paling rendah yakni 0,15 persen.

"Untuk harga rumah kecil di Pontianak tumbuh negatif 0,66 persen," tulis survei BI.

Baca: Harga Rumah Tipe Kecil di Jabodebek-Banten Diprediksi Naik

Ada pun untuk rumah menengah, harganya naik tipis 1,11 persen dan rumah besar tidak mengalami pertumbuhan atau 0 persen.

Sementara itu, untuk proyeksi pada kuartal II-2017, harga rumah tipe kecil diprediksi naik sebesar 0,85 persen.

Sedangkan untuk rumah tipe menengah dan besar masing-masing diprediksi kenaikan harganya 1,91 persen dan 0,06 persen.

Baca: Manado Catat Kenaikan Harga Rumah Tertinggi se-Indonesia

Dengan demikian, secara total keseluruhan, proyeksi pertumbuhan harga rumah di Pontianak pada kuartal II-2017 hanya bergeser tipis.

Penyaluran KPR

BI juga melaporkan penyaluran KPR dan KPA pada triwulan l-2017 berdasarkan data Februari 2017, mengalami penurunan dibandingkan kuartal lV-2016.

Hal ini sejalan dengan penurunan pertumbuhan total kredit yang disalurkan perbankan. Total KPR dan KPA pada kuartal l-2017 tercatat sebesar Rp 367,76 triliun atau minus 0,16 persen, setelah pada kuartal sebelumnya mencatat kenaikan sebesar 3,44 persen.

Sejalan dengan pertumbuhan KPR dan KPA, pertumbuhan total kredit perbankan iuga mengalami penurunan sebesar 1,55 persen setelah mengalami pertumbuhan sebesar 3,73 persen pada kuartal sebelumnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X