Bantu Pengungsi, HFH Indonesia Bangun Rumah dan Fasilitas Sanitasi

Kompas.com - 13/12/2016, 19:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Habitat for Humanity (HFH) Indonesia sebagai lembaga kemanusiaan global telah memberikan bantuan pasca-gempa bumi 6,5 SR yang melanda Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam pekan lalu.

HFH Indonesia telah mengobservasi kerusakan yang terjadi dan menyiapkan pembuatan fasilitas air bersih serta sanitasi bagi para pengungsi.

Fasilitas tersebut akan dibangun HFH Indonesia di dua kamp pengungsian, yakni di Kecamatan Trianggadeng dan Kecamatan Raja Pante.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, kedua kecamatan itu mengalami kesulitan air bersih dan sanitasi karena fasilitas yang ada sudah rusak atau hancur. HFH akan membangun fasilitas air bersih dan sanitasi untuk melayani lebih dari 400 keluarga yang menjadi pengungsi di sana," kata Direktur Nasional HFH Indonesia James Tumbuan, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/12/2016).

Lebih lanjut James juga mengatakan, HFH Indonesia bersama dengan pemerintah dan organisasi kemanusiaan lainnya akan melakukan penilaian kerusakan dan secara khusus memberikan dukungan perumahan untuk keluarga yang terkena dampak gempa.

Dukungan perumahan ini, sejatinya bukan pertama kali yang dilakukan HFH Indonesia di Bumi Serambi Mekkah. S

ebelumnya, pasca tsunami 2004, mereka juga tercatat membangun 393 rumah baru di kawasan Pidie dan Pidie Jaya.

"Begitu kami memperoleh komitmen dukungan, kami siap melaksanakan program tanggap jangka panjang dengan solusi perumahan, mulai dari intervensi darurat hingga rekonstruksi rumah permanen," pungkas James.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.