Kompas.com - 27/06/2016, 03:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SOLO, KOMPAS.com - Dua hari lagi, musim mudik tiba. Musim mudik yang biasa dimulai pada H-7 Lebaran ini jatuh pada hari Rabu (29/6/2016). 

Saat itu, ribuan kendaraan berlomba-omba mendapatkan posisi terbaik di jalan raya, baik jalan tol, jalan bebas hambatan, mauoun di jalan-jalan utama sebagai urat nadi kota.

Tim Kompas.com, berkesempatan menjelajah enam ruas tol baru yang difungsikan dan dioperasikan secara penuh dengan tajuk ekspedisi "Merapah Trans-Jawa".

Penjelajahan dimulai pada Sabtu, 25 Juni 2016 dan akan berakhir pada Minggu, 3 Juli 2016. 

Dari dua hari penjelajahan tersebut, Kompas.com, mendapati ruas-ruas tol baru yang belum sepenuhnya layak operasi, namun bisa difungsikan.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran.
Ruas-ruas tol baru tersebut adalah ruas Baawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo, dan ruas Solo-Sragen yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Kondisi aktual di lapangan untuk jalur alternatif ruas Bawen-Salatiga berupa wet lean concrete hingga Minggu (26/6/2016) sudah sebesar 98 persen.

"Insya allah nanti malam (Minggu malam, red) rampung, sehingga pada saat H-7 Lebaran sudah bisa difungsikan. Tetapi, ruas jalan ini hanya akan berfungsi pada pukul 06.00 WIB pagi hingga 17.00 WIB sore," tutur Manajer Proyek Tol Solo-Semarang Seksi III Bawen-Salatiga, Indriyono Darmawan kepada Kompas.com, Minggu (26/6/2016).

Dia menambahkan, belum maksimalnya fungsionalisasi ruas Bawen-Salatiga karena faktor geometrik yang ada saat ini dan minimnya penerangan jalan.

Ruas tol selanjutnya adalah Solo-Sragen yang dirancang sepanjang 25 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.