Kompas.com - 07/06/2016, 15:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Setelah biro arsitek berbasis di London AL_A memenangkan kompetisi untuk merancang sebuah masjid baru di Abu Dhabi, kini giliran koleganya melakukan hal serupa.

Baca: Arsitek London Rancang Masjid di Pusat Bisnis Abu Dhabi

Adalah biro arsitek Mossessian yang juga telah memenangkan kompetisi untuk mendesain Museum Mekkah, Arab Saudi.

Museum Mekkah menempati sebuah lokasi berjarak tujuh kilometer dari Masjidil Haram, yang merupakan tempat Ka'bah, lokasi paling suci di dunia bagi umat Islam.

Bangunan ini mencakup 5.600 meter persegi ruang galeri sebagai tempat pameran yang berkaitan dengan sejarah Islam dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Museum ini juga akan berisi ruang tunggu, auditorium, toko buku, ruang pengajaran, taman atap dan restoran.

Museum Makkah

Museum ini menawarkan interpretasi yang unik dan refleksi iman kepada jutaan Muslim yang mengunjungi Mekkah dari seluruh dunia.

"Sampai saat ini, Arab Saudi tidak memiliki lembaga kebudayaan semacam ini untuk meningkatkan kunjungan mereka ke kota paling suci bagi Muslim," kata sebuah pernyataan dari Mossessian.

Mossessian bekerjasama dengan arsitek pameran Paris, Studio Adeline Rispal untuk mengikuti kompetisi tersebut. Rispal merancang kekosongan dalam struktur yang bertindak sebagai "menara virtual".

Di bagian atas, pengunjung dapat mengakses ruang taman dengan suhu yang dapat dikendalikan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.