Arsitek London Rancang Masjid di Pusat Bisnis Abu Dhabi

Kompas.com - 07/06/2016, 13:00 WIB
Masjid WTC Abu Dhabi Masjid WTC Abu Dhabi
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Biro arsitektur berbasis di London AL_A telah memenangkan kompetisi untuk merancang sebuah masjid baru di Abu Dhabi.

Masjid tersebut merupakan bagian dari World Trade Center yang dikembangkan oleh Aldar Properties, salah satu pengembang terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Proposal ini menunjukkan masjid berukuran 2.000 meter persegi dan taman sebagai ruang luar dari terbuat dari baja dan kaca dari World Trade Center. Taman ini juga memberikan titik fokus ibadah bagi pengunjungnya.

"Masjid ini dipertimbangkan sebagai bagian dari kota, salah satu yang mencerminkan perjalanan dari duniawi menuju spiritual. Diatur dalam sebuah taman, masjid dan taman menjadi satu, dengan pohon-pohon dan kolom membentuk lanskap vertikal informal dan memungkinkan jamaah melaksanakan shalat Jumat di luar," kata Direktur AL_A Ho-Yin Ng.

Di dalam masjid, poros cahaya menembus atap ruang ibadah. Di siang hari ini, cahaya terlihat belang-belang dan menciptakan kesan dramatis.

AL_A telah merancang masjid ini bukan sebagai bangunan tetapi sebagai jalur, sebuah perjalanan bagi orang-orang yang ingin keluar dari riuhnya kehidupan sehari-hari.

Desainnya diupayakan untuk bisa menghubungkan suasana spiritual bagi jamaah.

Kesan pertama pengunjung adalah sebuah lanskap taman pohon dan kolom. Setelah melintasi taman, pengunjung akan menemukan sumbu yang menjadi pembimbing menuju Masjid.

Permukaan kolom terinspirasi oleh tradisi pola geometris Islam yang kaya. Pola perforasi pada kolom dirancang menggunakan script komputer yang dipesan lebih dahulu untuk variasi dan kontrol jumlah cahaya yang masuk melalui struktur atap.

Permainan cahaya dan bayangan menjiwai ruang dan mengaktifkan indra. Dengan cara ini, aspek tradisi Islam diturunkan melalui teknologi abad kedua puluh satu.

Atapnya sendiri dirancang sebagai sebuah pemandangan untuk dilihat dari gedung-gedung tinggi di sekitarnya. Sementara menaranya menandakan kehadiran masjid di lanskap yang lebih luas dari kota.

World Trade Center Abu Dhabi, yang dirancang oleh Foster + Partners, adalah fasilitas campuran yang terintegrasi dengan luas 700.000 meter persegi. Fasilitas ini terdiri dari kantor, tempat tinggal, mal, dan hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.