Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Baru, Politik Populis Presiden Turki

Kompas.com - 16/07/2015, 08:25 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah masjid yang baru dibuka di Istana Kepresidenan di ibu kota Ankara, Turki, menarik minat umat Islam. Mereka memakmurkan struktur ini setiap hari.

The Bestepe People's Mosque, atau Istana Kepresidenan Bestepe, dibuka sebagai langkah terbaru presiden Turki untuk memperluas daya tariknya kepada publik. Ia membuat Istana Kepresidenan lebih mudah diakses untuk semua orang.

Masjid ini ramai di malam hari, karena bertepatan dengan waktu shalat tarawih, ibadah yang hanya dilakukan saat bulan suci Ramadhan. Pria dan wanita dari segala usia berduyun-duyun datang ke masjid indah ini setiap malam meskipun lokasinya relatif jauh dari pusat kota.

Para pengunjung ditawarkan lokma, makanan penutup tradisional, secara gratis di luar masjid menjelang shalat.

Masjid ini memiliki kapasitas 3.000 orang dan memiliki contoh arsitektur berbeda, kombinasi Ottoman dan gaya Seljuk seperti Istana Presiden sendiri.

Terletak di atas lahan seluas lebih dari 5.000 meter persegi, The Bestepe People's Mosque adalah situs penanda karena merupakan tempat shalat pertama yang dibuka untuk umum di lingkungan presiden Turki.

The Bestepe memiliki empat menara setinggi 60 meter dan merupakan salah satu masjid terbesar di Ankara. Bestepe dirancang tiga lantai, termasuk ruang bawah tanah, dan lantai khusus untuk jamaah perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com