Kompas.com - 07/06/2016, 11:36 WIB
|
EditorHilda B Alexander

TOKYO, KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara yang mayoritas penduduknya bukan Islam, Jepang cukup banyak memiliki masjid. Di sana ada sekitar 80 masjid.

Dari puluhan masjid itu, ada satu yang menjadi masjid terbesar bagi umat muslim Jepang, yakni Tokyo Camii. Masjid itu mampu menampung hingga 1.200 jamaah.

Masjid Tokyo Camii berada di jantung area Yoyogi Uehara, dekat dengan distrik paling sibuk di Jepang, yakni Shinjuku dan Harajuku.

Masjid Tokyo Camii merupakan sebuah bangunan menjulang tinggi dengan menara dan kubah yang mengesankan sehingga membuatnya sebagai karya arsitektur paling menonjol di sekitarnya.

Pada dasarnya keberadaan masjid sendiri dapat ditemukan di seluruh penjuru Jepang, terutama di kota-kota besarnya.

Interior masjid yang berisikan kaligrafi-kaligrafi yang dibuat seniman Turki.

Fakta itu mungkin sedikit mengejutkan karena kebanyakan orang Jepang sebagian besar tidak menyadari kantong-kantong kebudayaan Islam berkembang di tengah-tengah mereka.

Masjid Tokyo Camii sebagai masjid terbesar di Jepang dibangun menggunakan gaya impresif Ottoman.

Camii sendiri diambil dari bahasa Turki yang berarti dalam bahasa Arab jami dan mengacu pada masjid besar atau utama tempat umat muslim melakukan Shalat Jumat.

Arsitektur Masjid Tokyo Camii diklaim sama dengan arsitektur Blue Mosque atau Masjid Biru di Istanbul, Turki.

Kaligrafi di Masjid Tokyo Camii.

Pasalnya, air, beton, baja, dan semua material bangunan serta furnitur yang digunakan di masjid semua dibawa dari Turki.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber nippon.com

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.