Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Masjid Terbesar di Afrika

Kompas.com - 15/07/2015, 23:26 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Pulse.ng

KOMPAS.com - Selain menjadi tempat bagi umat Islam beribadah, beberapa masjid dirancang indah dan menakjubkan. Berikut ini adalah daftar dari masjid-masjid terbesar di Afrika.

Masjid Hassan II atau Grande Mosquée Hassan II

Dijuluki "Casablanca Haji" karena lokasinya di Casablanca, Maroko. Ini adalah masjid terbesar di Maroko dan Afrika dan terbesar ke-7 di dunia. Masjid ini memiliki luas 970,000 kaki persegi (90.000 meter persegi), sementara menaranya merupakan tertinggi di dunia, 210 meter.

Masjid ini beroperasi pada tahun 1993, dirancang oleh Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Menaranya setinggi 60 lantai dan terdapat laser pada puncaknya, yaitu cahaya yang diarahkan ke Mekkah. Dari menara tertinggi itu tampak Samudera Atlantik. Dasar laut bahkan dapat dilihat melalui lantai kaca aula gedung.

Dindingnya berupa kerajinan tangan dari marmer dan atapnya bisa ditarik. Sebanyak 105.000 jamaah bisa berkumpul bersama di masjid ini. Sebanyak 25.000 jamaah di dalam ruang dan 80.000 lain di pelataran luar masjid.

Dibangun pada zaman prasejarah, masjid ini mencakup sekitar 85.000 kaki persegi (7.896 meter persegi).

Al-Azhar Mosque, Kairo

Dibangun pada zaman prasejarah, masjid ini mencakup sekitar 85.000 kaki persegi (7.896 meter persegi). Namanya yang jika diterjemahkan berarti 'masjid paling gemilang', mengingatkan keindahan dan kemegahan.

Dengan kapasitas hingga 20.000 orang, masjid ini termasuk salah satu yang terbesar dari jenisnya di benua Afrika. Masjid ini juga terus berdiri sebagai simbol dari Kairo Islam.

Conakry Grand Mosque merupakan masjid terbesar ke-4 di Afrika dan terbesar di Sub-Sahara Afrika.

Masjid Agung Conakry

Dibangun pada tahun 1982, masjid agung tersebut masih berdiri tegak hingga hari ini. Dianggap sebagai masjid terbesar ke-4 di Afrika dan terbesar di Sub-Sahara Afrika.

Kapasitasnya lebih dari 20.000 jamaah. Masjid ini juga menggabungkan sebuah Mausoleum Camayanne yang menjadi rumah bagi beberapa warga terkemuka seperti Samure Ture dan Sekou.

Masjid Abdelkader Emir, Constantine.

Masjid Abdelkader Emir, Constantine

Sejak tahun 1994, Aljazair telah menjadi rumah bagi masjid bersejarah ini. Gaya arsitektur murni terlihat dari eksterior. Sedangkan interiornya bisa menampung hingga 15.000 jamaah.

Masjid Nasional Ghaddafi, Kampala

Relatif baru dibandingkan dengan masjid yang lain, masjid ini terletak di Kampala Bukit dan selesai dibangun pada tahun 2006. Faktanya, dibangunnya masjid ini adalah instruksi almarhum legendaris Presiden Libya Muammar Ghaddafi.

Ini merupakan hadiah untuk negara Uganda dan juga memajukan populasi muslim. Hal ini pula yang mendasari mesjid tersebut dikenal sebagai Masjid Nasional Uganda.

Masjid Masjid Juma, Durban

Kembali ke 1881, masjid ini adalah pertama dari jenisnya yang dibangun di Durban. Dengan delapan menara, masjid ini mampu menampung hingga 6.000 jamaah. Terkenal sebagai yang tertua dan terbesar di belahan bumi selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pulse.ng
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com