Selama Ramadhan, Urus Sertifikat Wakaf Masjid di Jabar Gratis!

Kompas.com - 03/06/2016, 16:41 WIB
Masjid Nuurur Rahmaan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional. Masjid Nuurur Rahmaan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Jawa Barat (Jabar) menggratiskan sertifikat tanah wakaf bagi bangunan masjid dan mushala.

Program pelayanan pengurusan dokumen pertanahan ini berlaku selama bulan puasa atau Ramadhan 2016.

"Dua minggu lalu, Kanwil BPN Jabar bilang ke saya, akan memulai program sertifikasi tanah wakaf, khususnya untuk masjid dan mushala. Biayanya nol rupiah," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Ferry Mursyidan Baldan di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (3/5/2016).

Ferry menambahkan Kanwil BPN Jabar akan memproses pengurusan sertifikat tanah wakaf masjid dan mushala yang sudah ada bangunannya.

Nantinya, pengelola lahan wakaf masjid dan mushala bisa melakukan pengajuan ke Kanwil setempat.

Menurut Ferry, menggratiskan sertifikat rumah ibadah merupakan program lama.

Berdasarkan catatan, sejak satu tahun lalu, BPN sudah melakukan program serupa dengan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur.

Selain itu, Ferry melanjutkan, Kementerian juga bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan sejumlah pihak untuk sertifikasi rumah ibadah.

Sertifikasi tanah wakaf rumah ibadah ini perlu dilakukan agar tidak terjadi sengketa yang dikhawatirkan memicu konflik dan menghindari tindakan penggusuran.

"Kalau misalnya hak atas tanah untuk rumah-rumah ibadah saja mereka terancam, negeri ini seperti apa? Bayangkan orang punya masjid atau gereja, tiba-tiba digusur karena bukan tanahnya. Ya ini negeri apa?," tandas Ferry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.