Tingkatkan Kenyamanan, Pemilik "Homestay" Tanjung Lesung Ikuti Pelatihan

Kompas.com - 08/05/2016, 22:09 WIB
|
EditorHilda B Alexander

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, pemilik penginapan diberi pelatihan khusus.

Dengan demikian, penginapan-penginapan (homestay) di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, tetap terjamin mutu dan kualitasnya.

"Kita juga diberi pelatihan oleh dinas pariwisata Pemerintah Kabupaten Pandeglang, soal bagaimana menyambut tamu, kebersihan kamar dan kamar mandi," ujar salah satu pemilik homestay di Jalan Raya Tanjung Lesung, Linda, kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2016).

Linda mengatakan, dalam pelatihan tersebut banyak penekanan terutama pada kebersihan kamar mandi. Pasalnya, kenyamanan tamu sangat bergantung pada bersih tidaknya kamar mandi.

Selain soal kondisi fisik homestay, pelatihan ini juga mencakup tentang pelajaran Bahasa Indonesia dan sekilas Bahasa Inggris.

"Pelatihan memang belum tiap bulan dan yang ikut hanya perwakilan saja. Pelatihannya pernah di kota-kota di Jawa, misalnya di Yogyakarta," sebut Linda.

Sejumlah homestay sangat mudah ditemukan di sepanjang Jalan Raya Tanjung Lesung. Harga sewa kamar berkisar Rp 200.000-Rp 500.000 per malam.

Namun, saat akhir minggu atau masa liburan, harga sewa ini melonjak hingga Rp 700.000-Rp 800.000 per malam untuk kamar dengan fasilitas pendingin ruangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.