90 Persen Dana Pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu dari China

Kompas.com - 01/03/2016, 13:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
MEDAN, KOMPAS.com - Porsi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu lebih banyak dikerjakan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Artinya, pemerintah bertanggung jawab atas dana pembangunan tersebut. Pada prosesnya, pemerintah mendapatkan pinjaman dari China dan memenuhi hampir seluruh kebutuhan dana.

"Dari total investasi Rp 1,4 triliun, China membiayai 90 persen," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hediyanto W Husaini di Medan, Senin (29/2/2016).

Jika dirata-ratakan, kata Hediyanto, per kilometer membutuhkan dana Rp 80 miliar. Dengan demikian, tol sepanjang 17 kilometer ini, membutuhkan total Rp 1,4 triliun.

Sejatinya, China terpincut memberikan pinjaman untuk pembangunan ruas Medan-Kualanamu, sejak zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Meski demikian, Hediyanto menolak jika Indonesia terlalu bergantung pada China. Alasannya, yang dibiayai China hanya 17 kilometer. Sementara ruas Medan-Kualanamu merupakan bagian dari ruas Tol Medan-Tebing Tinggi dengan total panjang 61,7 kilometer.

Sementara Seksi Tanjung Morawa (Medan)-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,80 kilometer pembangunannya dilakukan oleh Pemerintah. Sisanya, sepanjang 43,90 kilometer akan dibangun oleh PT Jasamarga Kualanamu Toll yang dibagi dalam 2 Seksi yaitu Seksi I Perbarakan-Lubuk Pakam, dan Seksi II Lubuk Pakam-Tebing Tinggi.

Sampai saat ini, progres kontruksinya telah mencapai 6 persen dengan pembebasan tanah telah mencapai 85,98 persen. Ditargetkan ruas tol ini akan beroperasi pada Tahun 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.