Kompas.com - 25/12/2015, 11:00 WIB
Suasana Tol JORR Jatiasih menuju arah Cikunir padat merayap yang diunggah @GoToJATIASIH pada Kamis (24/12/2015) malam. TWITTER TMC POLDA METRO JAYASuasana Tol JORR Jatiasih menuju arah Cikunir padat merayap yang diunggah @GoToJATIASIH pada Kamis (24/12/2015) malam.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Hamzah Alex Saifullah terpaksa harus mengalami malam Natal di Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) pada Kamis (24/12/2015).

Selama 12 jam, warga Depok ini terjebak kemacetan panjang. Padahal tujuan akhirnya dekat saja, Kota Bandung.

Alex, demikian sapaan akrabnya, bercerita kemacetan terjadi sejak di Cawang, Jakarta Timur. Pada pukul 13.00 WIB, arus kendaraan mulai merayap hingga pintu Tol Pondok Gede, Bekasi.

Dia membutuhkan waktu 5 jam untuk menempuh jarak sependek itu.

"Konsentrasi kepadatan kendaraan terparah sebelum rest area atau tempat istirahat (TI) Kilometer 39. Banyak pengguna tol terpaksa memarkir kendaraaan di bahu jalan. Itu yang bikin macet," papar Alex kepada Kompas.com, Jumat (25/12/2015).

Tak hanya antrian kendaraan menuju TI yang bikin macet. Alex menuturkan, banyak juga pengguna tol yang berhenti di bahu jalan di luar TI untuk beristirahat.

Mereka bahkan terpantau menggelar tikar, membuka bekal makanan, dan menikmati kemacetan tanpa menghiraukan potensi bahaya di sekelilingnya.

"Satu keluarga itu, sampai diusir petugas Patroli Jalan Raya (PJR) karena membahayakan," tandas Alex.

Sementara, sebagian pengguna tol lainnya lebih memilih untuk putar balik arah kembali ke Jakarta melalui pintu keluar Kota Delta Mas. 

"Macet semalam lebih parah ketimbang mudik Lebaran," pungkas Alex. 

Perjalanan malam Natal lebih lama juga dialami Alfa Marganaputra. Dia melintasi Tol Cikopo Palimanan (Cipali) menuju
 Tegal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.