Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Dek Observasi Terjangkung di Dunia Menantang Penggemar Ketinggian

Kompas.com - 09/10/2015, 12:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada satu pun elemen dari pencakar langit yang mendekati atau bahkan memenuhi kesenangan memandang cakralawa kota di atas ketinggian selain di dek observasi. Anda yang gemar berada di ketinggian dan menyukai sensasi, bisa menjadikan dek observasi sebagai wahana menantang.

Selain itu, dek observasi juga mampu mengubah cara orang melihat kotanya. Para pemilik gedung bisa memanfaatkannya sebagai sarana kampanye meningkatkan citra dan reputasi internasional pencakar-pencakar langit yang mereka kembangkan.

the urban developer Suzhou Zhongnan Tower
Oleh karena itu, tak mengherankan jika pemilik phallus-phallus yang "merobek" angkasa di dunia menyediakan dek observasi lengkap dengan segala macam fitur canggihnya. Sebut saja Kingdom Tower di Jeddah, Arab Saudi. Di gedung yang dirancang setinggi 1 kilometer ini terdapat dek observasi di atas ketinggian 637,5 meter.

Anjungan pandang tersebut merupakan tertinggi di dunia hingga kemudian terdapat hal serupa yang dapat memecahkan rekor ketinggiannya. Proses konstruksi Kingdom Tower ditargetkan kelar pada 2018 mendatang.

www.ctbuh.org Shanghai Tower saat ini merupakan konstruksi struktur tertinggi kedua di China dan akan menjadi bangunan tertinggi saat tuntas pembangunannya pada 2015 mendatang, yakni mencapai 2073 feet atau 632,0 meter.
Menyusul di tempat kedua adalah dek observasi di Suzhou Zhongnan Center di Suzhou, China, yang berada di ketinggian 592,8 meter. Gedung yang menjulang 729 meter ini bakal meramaikan kaki langit China pada 2020 mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com