10 Dek Observasi Terjangkung di Dunia Menantang Penggemar Ketinggian

Kompas.com - 09/10/2015, 12:50 WIB
Kingdom Tower di antara pencakar-pencakar langit lainnya. skyscrapercityKingdom Tower di antara pencakar-pencakar langit lainnya.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Tak ada satu pun elemen dari pencakar langit yang mendekati atau bahkan memenuhi kesenangan memandang cakralawa kota di atas ketinggian selain di dek observasi. Anda yang gemar berada di ketinggian dan menyukai sensasi, bisa menjadikan dek observasi sebagai wahana menantang.

Selain itu, dek observasi juga mampu mengubah cara orang melihat kotanya. Para pemilik gedung bisa memanfaatkannya sebagai sarana kampanye meningkatkan citra dan reputasi internasional pencakar-pencakar langit yang mereka kembangkan.

the urban developer Suzhou Zhongnan Tower
Oleh karena itu, tak mengherankan jika pemilik phallus-phallus yang "merobek" angkasa di dunia menyediakan dek observasi lengkap dengan segala macam fitur canggihnya. Sebut saja Kingdom Tower di Jeddah, Arab Saudi. Di gedung yang dirancang setinggi 1 kilometer ini terdapat dek observasi di atas ketinggian 637,5 meter.

Anjungan pandang tersebut merupakan tertinggi di dunia hingga kemudian terdapat hal serupa yang dapat memecahkan rekor ketinggiannya. Proses konstruksi Kingdom Tower ditargetkan kelar pada 2018 mendatang.

www.ctbuh.org Shanghai Tower saat ini merupakan konstruksi struktur tertinggi kedua di China dan akan menjadi bangunan tertinggi saat tuntas pembangunannya pada 2015 mendatang, yakni mencapai 2073 feet atau 632,0 meter.
Menyusul di tempat kedua adalah dek observasi di Suzhou Zhongnan Center di Suzhou, China, yang berada di ketinggian 592,8 meter. Gedung yang menjulang 729 meter ini bakal meramaikan kaki langit China pada 2020 mendatang.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X