Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Perlu Galakkan Sistem "Health, Safety and Environment"

Kompas.com - 30/09/2015, 20:10 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Ciputra Residence meluncurkan sistem manajemen Health, Safety and Environment (HSE). Ciputra menggalakkan program tersebut sebagai budaya yang diterapkan di semua proyek yang dibangunnya.

Presiden Direktur PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata, mengatakan bahwa program HSE atau dikenal dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) diimplementasikan oleh para kontraktor yang menjadi mitra di setiap proyeknya. Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mendukung program Visi K3L Nasional, yaitu menciptakan Indonesia Berbudaya K3L tahun 2015. 

"Sehingga kami mewajibkan setiap pekerja yang terlibat dalam proyek untuk memahaminya," ujarnya, Rabu (30/9/2015).

Untuk mengapresiasi keterlibatan 85 mitra kontraktor yang terdiri dari kontraktor bangunan, infrastuktur dan lingkungan dan taman itu, lanjut Budiarsa, pihaknya berinisiatif menyelenggarakan HSE Awards 2015 untuk pertama kalinya di Indonesia. Penganugerahan itu untuk memilih para mitra kontraktor yang berkomitmen dan konsisten melaksanakan program HSE pada masing-masing proyeknya.

"Mitra kontraktor yang selama ini telah bekerja sama itu ada 38 kontraktor bangunan, 31 kontraktor infrastruktur dan 16 kontraktor lingkungan dan taman," kata Budiarsa.

Mitra-mitra kontraktor itu di antaranya CitraRaya Tangerang, CitraGarden City Jakarta, CitraGarden City Aeroworld 8, dan lain-lainnya. Budiarsa mengatakan, proses penilaiannya dilakukan oleh pihak internal dengan mengacu pada aturan yang berlaku, sistem monitor dan evaluasi secara menyeluruh.

Kriteria utama yang ditetapkan untuk penilaian mitra kontraktor itu adalah Leading Indicators atau indikator positif yang dilakukan atau diterapkan untuk meningkatkan kinerja HSE dan Lagging Indicators atau penilaian terakhir yang dilakukan untuk melihat program tersebut berhasil dan sesuai dengan harapan. Parameter penilaiannya meliputi jumlah kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja, hasil inspeksi, audit, serta hasil penilaian kontraktor per proyek bulanan.

Adapun mitra kontraktor yang terpilih dan berhak dinobatkan sebagai Best Performance in Safety baik untuk kategori kontraktor bangunan dan infrastruktur berdasarkan proyek itu adalah CitraRaya Tangerang, CitraGarden City Jakarta, serta CitraGrand City Palembang

Terkait hal itu, Associate Director PT Ciputra Residence, Jusanto Harijatno, berharap para penerima penghargaan perlu terus mendukung program K3 yang telah dicanangkan. Mereka juga harus memahami esensi untuk bersama-sama menekan angka kecelakaan kerja sehingga meningkatkan kinerja para pekerjanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com