Betapa Jauh dan "Mahal" Rumah yang Bisa Dibeli Kelas Menengah Tanggung...

Kompas.com - 24/07/2015, 07:21 WIB
Nuansa Alam Asri Cilebut HBA/Kompas.com Nuansa Alam Asri Cilebut
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi kemafhuman publik, rumah murah dengan harga terjangkau dan sesuai kocek masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) berada jauh dari pusat kota atau tempat aktivitas pekerjaan sehari-hari. 

"Saking jauhnya, sampai tak tercantum di peta, dan tidak terlacak global positioning system (GPS)," seloroh Roderick Adrian, calon konsumen yang pantang menyerah berburu rumah sesuai dengan penghasilannya per bulan kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2015). 

Guyonan Roderick terbukti, saat Kompas.com  melakukan survei ke lokasi-lokasi rumah yang dipromosikan tanpa uang muka (down payment), atau seharga di bawah Rp 300 juta per unit. Kalau tidak jarak tempuhnya yang sangat jauh, aksesnya terbatas dengan fasilitas ala kadarnya. 

Kendati demikian, bagi orang-orang seperti Roderick dan juga pekerja-pekerja dengan penghasilan tanggung (di atas MBR tapi di bawah garis penghasilan kalangan menengah), memiliki rumah sendiri adalah sebuah kebanggaan.

"Rumah adalah lambang kesuksesan sekaligus impian setiap orang. Rumah juga merupakan ukuran atau standar kesejahteraan," ujar Ari, calon konsumen lainnya yang tertarik dengan penawaran rumah beriming-iming uang muka lima persen.

Mundur teratur

Lokasi pertama yang disurvei Kompas.com, adalah Metland Cileungsi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Perumahan yang dikembangkan PT Metropolitan Land Tbk ini berdekatan dengan Metland Transyogie. 

Jaraknya dari pusat kota Jakarta, atau Plaza Semanggi, sekitar 45 kilometer. Saat sepi seperti Kamis kemarin atau H+4 Lebaran, waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan sejauh itu adalah satu setengah jam dengan kendaraan roda empat. 

Kondisi infrastruktur sepanjang perjalanan, terbilang memadai dengan kualitas baik terutama selepas pintu Tol Cibubur, dan Jalan Transyogi. Kondisi sebaliknya, akan ditemui selepas jembatan layang (fly over) Cileungsi. Jalan mulai bergelombang dan tak jarang berlubang. 

Bahkan, ketika Kompas.com melintasi akses menuju Metland Cileungsi, kondisi jalan tak ubahnya kumpulan kubangan, dengan debu beterbangan. Kami tertarik berkunjung ke perumahan ini karena promosi uang muka hanya Rp 17,5 juta. Dengan uang muka senilai itu, rumah tipe 36 tanah 90 meter persegi siap huni sudah bisa dimiliki.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.