Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, Kementerian PUPR Dirikan Posko di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 30/06/2015, 00:06 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2015, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendirikan posko di seluruh Indonesia.

Posko-posko ini bertugas untuk memantau dan menangani secara darurat kerusakan jalan dan jembatan pada ruas-ruas jalan yang dikelola satuan-satuan kerja di berbagai daerah. Ada pun pelaksanaan piket di posko mulai H-30 hingga H+10 yang berlangsung selama 24 jam.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Velix Wanggai menjelaskan kementerian ingin memastikan jaringan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dari Aceh hingga Papua beserta satuan kerjanya bekerja penuh (full time) memantau jalan dan jembatan di jalur-jalur utama.

"Mereka juga harus siap memperbaiki kerusakan yang terjadi selama arus mudik dan arus balik," tutur Velix dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/6/2015).

Kementerian PUPR, lanjut Velix, telah memetakan potensi titik-titik kemacetan, daerah rawan longsor dan banjir serta melengkapinya dengan alat perawaran rutin seperti dump truck, bacho loader, tandem roller, grader, backhoe, maupun excavator.

Di ruas jalan pantai Utara mulai dari Karawang hingga Cirebon, didirikan posko 24 jam dengan dukungan peralatan rutin di titik belakang gerbang Tol Cikampek, Pamanukan, Sewo, Lohbener, Karangampel, Jatibarang, Palimanan, dan Cirebon.

Sedangkan di Jawa Tengah didirikan 23 Posko yang tersebar di berbagai ruas jalan di lintas Utara, lintas Tengah, lintas Selatan serta koridor yang menghubungkan akses Selatan-Tengah-Utara.

Sementara posko di luar Pulau Jawa tersebar di akses jalan utama dan alternatif di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan kepulauan Timur.

Seperti dikutip Velix, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan agar petugas sigap memantau titik-titik tertentu rawan longsor, banjir dan pasar tumpah serta. Mereka harus segera mengambil tindakan menangani kendala lalu lintas yang terkait keselamatan dan keamanan pengguna jalan yang diakibatkan kerusakan jalan dan jembatan.

Demikian pula Tim Posko di Jakarta, harus aktif memastikan berbagai BUMN, operator jalan tol dan pihak swasta untuk mempercepat penyelesaian berbagai sarana kelengkapan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, termasuk percepatan akses lewat Tol Pejagan-Pemalang yang difungsikan dengan konstruksi lapis Agregat B.

Dalam skala waktu pertengahan tahun, berbagai proyek fisik seperti ruas jalan nasional dan daerah sedang ditangani. Jelang H-14 pekerjaan fisik di lapangan diharapkan selesai.

"Kalaupun masih ada pekeerjaan yang belum rampung, akan dihentikan sementara dengan pemasangan tanda peringatan di segmen jalan tertentu," tutup Velix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com