Kompas.com - 10/02/2015, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan mengurangi desa tertinggal sebanyak 5.000 desa hingga 2019 mendatang. Salah satu caranya adalah dengan membangun infrastruktur transportasi yang dapat menjangkau desa-desa tertinggal di Indonesia.

Saat ini, berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, masih terdapat 17.268 desa tertinggal di Indonesia. Jumlah tersebut mengacu pada total 74.050 desa yang ada.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, akan mengurangi jumlah desa tertinggal dengan cara pengembangan infrastruktur transportasi guna meningkatkan konektivitas masyarakat yang berada pada desa-desa tertinggal.

Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

"Nanti akan dibangun sub-transportasi perdesaan untuk masyarakat di desa tertinggal. Sifatnya mobil. Kesulitan di daerah tertinggal itu karena lokasi desa tertinggal yang jauh serta minimnya infrastruktur transportasi," ujar Marwan di Gedung DPR/MPR, Selasa (10/02/2015).

Untuk pembangunan infrastruktur tersebut, Lanjut Marwan, pembiayaan akan diberikan dari Dana Anggaran Kementerian (DAK). Sayangnya, Marwan belum bisa memberikan berapa jumlah pasti anggaran tersebut.

"Angkanya belum selesai dibahas di Badan Anggaran. Masih dikalkulasikan," tandas Marwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.