Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris Menuju "Kota Pintar 2050"

Kompas.com - 12/01/2015, 20:27 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Mountain Towers

Terletak di jalan yang terkenal di Paris, Rue de Rivoli, proyek ini melibatkan pembangunan bioclimatic yang mengintegrasikan berbagai energi terbarukan dengan struktur jalan yang ada. 

Terdapat tiga jenis energi terbarukan yang akan tersedia di setiap menara. Pada siang hari, dua perisai surya photovoltaic besar akan menghasilkan listrik dan air panas.

Pada malam hari, sebuah stasiun penyimpanan pompa listrik hidro di atap menara akan mengalirkan listrik ke dalam menara. Pompa ini mampu mengurangi pemakaian baterai yang biasanya menyimpan listrik dan hanya bisa dipakai satu kali.

Jenis energi terbarukan selanjutnya adalah taman balkon yang mengelilingi menara. Taman ini mampu menyaring dan mendaur ulang air melalui phyto-purification dan bio kompos.

Antismog Towers

Tipologi kedua ini bertujuan untuk menaturalisasikan kembali jalur kereta api di Paris sebagai ruang hijau publik. Jalur sepeda dan kebun sayur perkotaan akan dibangun secara vertikal pada rangkaian menara yang dirancang untuk menyaring asap.

Struktur tersebut akan menghasilkan listrik melalui integrasi turbin angin dan photovoltaic fleksibel.

Photosynthesis Tower

Dalam upaya untuk mengubah bangunan yang ada menjadi taman vertikal, proyek ini melibatkan integrasi bioreaktor alga hijau untuk menghasilkan energi positif.

Dalam bukaan segitiga yang terletak di kedua menara, lift dengan energi terbarukan akan memisahkan rute pengunjung dengan pekerja. Lempengan atap yang ada di pusat perbelanjaannya, akan menjadi sebuah pemurni air untuk menyiram tanaman.

Bamboo Nest Towers

Tipologi keempat dibungkus dalam bambu yang berisi kebun makanan vertikal. Tujuan menara ini adalah untuk menyesuaikan kembali tiga belas struktur Westin yang ada di kawasan Massena, Paris, dengan membungkus mereka dalam anyaman bambu.

Struktur ini mendukung terciptanya kebun sayur, dan juga memastikan bahwa tenaga angin yang dihasilkan telah maksimal.

Honeycomb towers

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com