Kompas.com - 26/09/2014, 11:57 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Akhirnya, untuk pertama kali, harga hunian di London, Inggris, turun, setelah selama dua tahun terakhir mengalami lonjakan tajam sebesar 25 persen. Penurunan harga ini dipicu oleh melemahnya permintaan yang mengakibatkan perlambatan pasar properti di seluruh Inggris.

Hometrcak Ltd, perusahaan riset properti berbasis di London, melansir hasil survei harga rumah di ibu kota tersebut. Menurut Hometrack, penurunan harga rumah sebesar 0,1 persen yang merupakan kali pertama sejak November 2012.

"Selanjutnya penurunan tipis mungkin akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang. Sementara secara nasional harga mengalami stagnasi, setelah terus mengalami peningkatan selama 19 bulan," tulis Hometrack.

Melemahnya permintaan juga terkait pengetatan prosedur pinjaman, kenaikan suku bunga dan ketidakpastian politik.

"Ketidakpastian yang dihadapi pembeli, bertambah. Selain kenaikan suku bunga mungkin, juga akana da pemilihan umum dan juga ancaman gemelumbung harga rumah," kata Direktur Penelitian Hometrack, Richard Donnell.

Sementara menurut riset Knight Frank, pertumbuhan harga rumah mewah di London turun 2,3 persen secara triwulanan dibanding kuartal I 2014. Pertumbuhan harga rumah mewah pada kuartal kedua tahun ini mencapai 8,1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.