Qatar Bantu Rekonstruksi Infrastruktur Vital di Gaza

Kompas.com - 06/08/2014, 11:35 WIB
Rekonstruksi Gaza diproyeksikan menelan dana 6 miliar dollar AS reutersRekonstruksi Gaza diproyeksikan menelan dana 6 miliar dollar AS
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Qatar, sekutu utama gerakan Hamas, memastikan akan membantu upaya rekonstruksi Jalur Gaza. Upaya pembangunan kembali ini diperkirakan menelan biaya 6 miliar dollar AS atau setara Rp 70,5 triliun.

Bukan kali ini saja Qatar memberikan kontribusi rekonstruksi Gaza, tahun 2013 dan tahun-tahun sebelumnya,  negeri petro dollar ini juga melaksanakan pembangunan kembali fasilitas-fasilitas publik dan infrastruktur vital. Termasuk rumah sakit, jaringan listrik, dan air serta jalan.

Pada 2013, negeri kaya di Teluk Arab ini tercatat mendonorkan dana lebih dari 400 juta dollar AS (Rp 4,7 triliun).

Saat dihubungi Reuters, seorang pejabat Qatar mengatakan, negaranya akan sangat siap untuk memberikan uang bagi keperluan bantuan kemanusiaan. Tetapi, bantuan ini tidak secara langsung diberikan ke Hamas.

Kehancuran akibat konflik tahun ini lebih buruk dan luas dibanding tahun 2009 lalu. Lebih dari 100.000 rumah warga hancur, pabrik, kawasan industri, pusat belanja dan fasilitas publik yang terkena serangan Israel, tidak berbentuk lagi. Sementara kerusakan lima tahun lalu masih meninggalkan struktur-struktur bangunan dan bisa direnovasi kembali.


Kompas.com Play

Lihat Semua


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X