Asyik... Peta Tiga Dimensi Kota-kota Dunia Ada di Jari Anda!

Kompas.com - 18/07/2014, 15:36 WIB
London Google MapsLondon
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Google Maps baru saja memasukkan London dalam daftar peta berfitur tiga dimensinya. Peta tiga dimensi kota tersebut secara resmi diluncurkan Kamis (17/7/2014) pukul 07.00 pagi, waktu setempat.

Seperti dikutip Dezeen, tim pemetaan Google sudah mengumpulkan bagian-bagian citra udara 45 derajat hingga membentuk seluruh kota. Kumpulan citra tersebut memungkinkan pengguna komputer menjelajahi kota tanpa meninggalkan rumah mereka. Dengan kata lain, kini tidak hanya gedung-gedung terkenal, namun semua gedung di London bisa tampak lebih akurat dan nyata jika dilihat dengan menggunakan piranti lunak (software) Google Maps atau Google Earth.

"Menggunakan citra udara 45 derajat, kami bisa menciptakan kembali seluruh area metropolitan dalam tiga dimensi," ujar pernyataan Google Maps.

"Artinya, setiap bangunan, tidak hanya landmark terkenal, tanah, dan lanskap pepohonan di sekitarnya termasuk untuk menyediakan pengalaman (menjelajah) kota dengan lebih akurat dan realistis".

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini dengan cara memilih tombol tilt di pojok kanan tampilan (interface) Google Maps. Pengguna juga bisa melihat tampilan dari jauh, membesarkan gambar (zoom), dan memutar (rotate) dari berbagai arah.

Adapun London bukan kota pertama di Inggris yang memiliki versi tiga dimensi di Google Maps. Sebelumnya, Google Maps dan Google Earth sudah memiliki citra tiga dimensi untuk Birmingham, Leeds, Reading, dan Stoke di Trent. Sementara itu, kota-kota lain di seluruh dunia pun sudah mendapatkan hal serupa, antara lain kota Paris, Roma, New York, dan Los Angeles.

Simak juga "tur virtual" di beberapa ikon terkenal dunia, seperti Burj Khalifa, bahkan ke bagian dalam pesawat angkasa luar milik The Doctor dalam serial Doctor Who, TARDIS.



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X