Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik... Desain Oasis yang Terinspirasi dari Alquran!

Kompas.com - 18/07/2014, 15:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi internasional untuk mendesain oasis di Madinah, Arab Saudi, memang sudah menganugerahkan penghormatan bagi dua desain karya firma arsitektur Ricardo Bofill Arquitectura dan Gerber Architekten. Namun, tak ada salahnya menyimak desain lain yang sempat turut serta berkompetisi di ajang tersebut. Berikut ini hasil desain Rafael de La-Hoz Arquitectos, firma arsitektur asal Madrid, Spanyol.

Firma tersebut pun baru saja mengunggah video presentasi hasil desainnya di Youtube Jumat (17/7/2014) lalu. Dalam video itu para arsitek menampilkan hasil rendering istimewa yang menggambarkan bahwa desainnya sangat diinspirasi dari kitab suci Alquran.

Dikutip dari Designboom, firma tersebut menyatakan bahwa langkahnya mengambil inspirasi dari Alquran didorong oleh tuntutan kompetisi itu sendiri. Mereka menganalisa permintaan, kemudian segera menyimpulkan bahwa Alquran harus menjadi identitas pusat kebudayaan yang mereka desain.

"Jika tujuannya adalah untuk merayakan Madinak dan pentingnya Islam, tidak ada koherensi yang lebih baik ketimbang melakukannya melalui dan untuk Alquran. Karena itu, identitas pusat kebudayaan ini seharusnya berasal langsung dari Alquran. Dari makna ayat-ayatnya," ujar De La-Hoz, seperti dikutip dalam Designboom.

Rafael de La-Hoz Sisi lain tampilan karya firma arsitektur Rafael de La-Hoz. Dari sisi ini, Rafael de La-Hoz secara khusus merepresentasikan bahwa Alquran tidak boleh menyentuh tanah.
Tidak hanya kaligrafi di bagian atas desain pusat kebudayaan. Hal menarik lain yang ada pada desain itu adalah bentuknya. Bentuk desain pusat kebudayaan tersebut tampak seperti bahtera dari samping.

Secara teoristis, sebenarnya pusat kebudayaan ini mengambil konsep bahwa Alquran tidak boleh menyentuh tanah. Bagian bawahnya merepresentasikan tangan yang tengah memegang Alquran.

Sementara itu, sumber yang sama juga menyatakan bahwa kaligrafi di jantung fasilitas ini merupakan isi dari hadits Nabi Muhammad SAW. Desainer membuat vektor kaligrafi tersebut dan memberikan sentuhan akhir. Titik fokus ini memungkinkan pengguna fasilitas berinteraksi langsung dengan alam di sekitarnya, dan ketenangan air serta tanaman di dalam oasis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com