Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Pintar Ini Bisa "Ngecas" Ponsel

Kompas.com - 05/07/2014, 09:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Taman kota Boston kedatangan inovasi menarik berbentuk kursi taman yang bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel. Kursi-kursi bernama "Soofas" ini dibuat oleh trio desainer dan insinyur dari MIT Media Lab, yaitu Sandra Richter, Nan Zhao, dan Jutta Friedrichs.

Ketiganya kini bergabung dalam perusahaan Changing Environments.

Sebanyak sepuluh kursi disebar di seantero Boston, Amerika Serikat, sebagai proyek perintis atau "pilot project". Perusahaan kecil ini ingin menyediakan sarana pengisian baterai bertenaga surga bagi masyarakat umum dengan tampilan istimewa.

"Kami ingin membuat desain urban yang menyenangkan, seksi, dan mengomunikasikan hal-hal yang kami pedulikan, yaitu ruang publik cerdas dan berkelanjutan," ujar Sandra Richter.

Menurut Richter, kursi-kursi yang dibuatnya ini tampak unik. Sekilas, penggunanya bisa menemukan "wajah" dalam kursi tersebut. "Wajah" ini terbentuk dari dua port USB yang ada di bawah panel surya kursi taman. Kedua port tampak seperti mata. Tidak hanya hiasan, pengguna kursi ini bisa menyambungkan charger atau pengisi baterai ponsel lewat dua port tersebut.

Selain berbentuk unik dan berfungsi untuk masyarkaat umum, kursi ini juga menarik lantaran memanfaatkan tenaga surya. Tampaknya, di masa yang akan datang, dunia akan lebih sering menyaksikan penggunaan panel surya untuk mengisi baterai ponsel atau tablet di jalan-jalan umum. Hal serupa juga pernah dibuat oleh Pensa pada 2013.

Masa depan penggunaan panel surya untuk fasilitas umum tampaknya cukup cerah. Bahkan, Changing Environments sudah bekerja sama dengan Cisco dan Verizon untuk membiayai proyek rintisan ini. Perusahaan kecil tersebut bertekad akan menghasilkan lebih banyak kursi taman yang memanfaatkan panel surya untuk kebutuhan masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com