Kompas.com - 18/06/2014, 17:07 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses mencetak kinerja sempurna 100 persen tingkat okupansi Sahid Boutique Office, Sahid Group, melalui tentakel bisnisnya PT Sahid, bersiap mengoperasikan perkantoran keduanya, Sahid Sudirman Center pada awal tahun 2015.

Gedung perkantoran yang berada di area Sahid City seluas 5,7 hektar, Sudirman, Jakarta Pusat, tersebut, diklaim sebagai flagship project, karena merupakan protofolio tertinggi sekaligus terbesar yang pernah mereka kembangkan.

Sahid Sudirman Center menjulang 52 lantai dalam bangunan setinggi 233 meter dengan total luas 130.000 meter persegi. Bangunan ini terbagi atas perkantoran sewa seluas 90.000 meter persegi, dan perkantoran strata 40.000 meter persegi.

Wakil Presiden Direktur PT Sahid, Exacty Sukamdani, mengatakan dikembangkannya Sahid Sudirman Residence merupakan respon atas dinamika sektor properti, khususnya perkantoran dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, PT Sahid dan induk perusahaannya PT Empu Sahid, beken sebagai pengembang dan pengelola perhotelan.

"Perkantoran sedang mengalami masa puncak yang ditandai tingginya tingkat hunian. Banyak pengembangan baru karena kebutuhan juga tinggi. Terlebih di sekitar kawasan central business district (CBD) Jakarta," ujar Exacty kepada Kompas.com, Rabu (18/6/2014).

Terbukti, menurut Exacty, porsi ruang perkantoran strata Sahid Sudirman Center sudah terserap habis dengan posisi harga jual aktual mencapai 5.000 dollar AS per meter persegi. Sementara porsi ruang perkantoran sewanya baru saja dilepas ke pasar dengan patokan harga 50 dollar AS per meter persegi per bulan.

Tingginya tingkat hunian perkantoran CBD Jakarta, ditegaskan Research & Consultancy Director Coldwell Banker Indonesia, Tommy Bastamy. Menurutnya, saat ini tingkat okupansi mencapai 95,6 persen, menjadikan ruang kantor kosong menyusut.

"Ruang kantor yang masuk pasar pada 2014 sangat terbatas, sementara permintaan tinggi. Sehingga pasokan baru macam Sahid Sudirman Center terserap maksimal karena dapat mengakomodasi permintaan perkantoran yang kembali menunjukkan pertumbuhan sejak kuartal I 2014 setelah sempat terkoreksi tahun lalu," jelas Tomy.

Lima proyek

Selain Sahid Sudirman Residence, PT Sahid akan mengembangkan lima proyek baru tahun ini, yakni apartemen Sahid Garden Residence sebanyak 500 unit seluas 1,2 hektar di Ciracas, Jakarta Timur, Sahid Condotel dan Griyadi Hotel di Surabaya, Jawa Timur, hotel Griyadi Bangka, dan Sahid Condotel Semarang, Jawa Tengah.

Menyusul proyek Sahid Yogya Lifestyle City di Yogyakarta yang akan beroperasi pada pertengahan 2015 mendatang.

"Properti merupakan sektor pada modal (capital intensive). Kami akan bergerak dinamis mengikuti perkembangan pasar. Bila pertumbuhan ekonomi positif, bukan tidak mungkin kami akan membangun lebih banyak proyek," imbuh Exacty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.